7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut
Ilustrasi bau mulut. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bau mulut memang membuat seseorang menjadi risih dan tak percaya diri, apalagi kekhawatiran mengganggu orang lain saat berinteraksi hampir di alami oleh banyak orang. Meski ini bukan masalah medis yang terbilang parah, namun menangani permasalahan seperti ini juga sangat penting.

Bau tak sedap pada bagian tubuh ini bisa diistilahkan dalam dunia medis sebagai halitosis. Penyebabnya pun cukup beragam. Menurut sebuah penelitian, 80 persen penyebab maslaah ini di antaranya karena faktor gigi berlubang atau karena gusi bermasalah.

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan pada mulut, baik itu gigi maupun gusi, maka sudah sewajarnya memperhatikan kesehatan mulut juga diperlukan selain menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, bau mulut disebabkan oleh masalah kesehatan pada gigi, kesehatan pada gusi maupun karena mengkonsumsi makanan yang memiliki bau menyengat. Selain karena faktor itu, ada juga penyebab lainnya, seperti xerostomia atau kondisi di mana mulut kering lantaran produksi air liur terganggu akibat terjadi penumpukan bakteri pada rongga mulut.

Selain itu, penyebab lainnya bisa juga karena faktor gangguan pada pencernaan, seperti halnya terkena infeksi bakteri H.pylori yang membuat sakit maag serta asam lambung. Kemudian, faktor lainnya karena seseorang itu memiliki penyakit diabetes, gangguan pada hati, serta terjadi infeksi pada saluran pernapasan.

Jika dilihat dari faktor gaya hidup, aroma tak sedap dari mulut ini bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya menjaga kebersihan mulut, sering makan dan minum-minuman tertentu yang berdampak bau dan diet berlebihan yang berdampak kekurangan kandungan karbohidrat pada tubuh.

Bau Mulut? Begini Cara Menghilangkannya

Untuk cara menghilangkan bau ini agar Anda bisa lebih percaya diri, selain menjaga kesehatan mulut, Anda juga harus menjaga kesehatan gigi.

Selain itu, ada juga beberapa langkah supaya lebih maksimal, dengan memeperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  • Usahakan melakukan gosok gigi secara teratur dua kali dalam sehari, yakni setelah makan pagi dan sebelum tidur malam.
  • Gantilah sikat gigi Anda selama dua bulan sekali. Biasanya, dalam jarak waktu ini, sikat gigi sudah tidak maskimal lagi dalam membersihkan kotoran pada sela-sela gigi. Hal ini bisa karena bulu sikatnya semakin rontok atau tidak tegak lagi.
  • Membersihkan lidah secara teratur. Ia salah satu cara agar lendir pada lidah bisa dibersihkan. Anda bisa menggunakan alat khusus yang bisa dibeli secara online. Jika itu tidak memungkinkan, Anda bisa mengecek sikat gigi yang bagian belakangnya memiliki karet. Apabila ada, gunakanlah itu untuk membersihkan lidah, bukan bulu sikatnya.
  • Bersihkan secara rutin gigi palsu bila Anda menggunakannya supaya bakteri tidak berkembang di gigi tersebut.
  • Anda bisa mengunyah kulit jeruk atau lemon, atau juga peterseli. Langkah ini dapat membantu Anda bisa menghilangkan bau mulut secara mudah karena ini dapat meningkatkan produksi air liur.
  • Lakukan pengecekan kesehatan gigi secara periodik, minimalnya 6 bulan sekali.
  • Hentikan kebiasaan merokok, minum kopi berlebih, dan alkohol. Sebagai gantinya, Anda bisa mengunyah permen karet yang rendah gula atau minumlah air putih secukupnya setiap hari.

Beberapa langkah di atas merupakan sebagian dari solusi supaya masalah bau mulut bisa teratasi. Apabila kebiasaan di atas sudah dilakukan namun masih saja bau, Anda bisa langsung konsultasi ke dokter agar penanganannya sesuai dengan rekomendasi medis. (Muhafid/R6/HR-Online)