Jumat, Juli 1, 2022
BerandaBerita TerbaruAgar Tidak Lemas Saat Berpuasa, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bulan suci ramadhan telah tiba, di mana semua umat islam di seluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan salah satu rukun islam, yakni Puasa bulan ramadhan. Meski di bulan ini dianjurkan memperbanyak berbuat kebaikan, namun tidak sedikit pula yang justru bermalas-malasan lantaran tubuh lemas. Agar tidak lemas saat berpuasa, ada beberapa yang diperhatikan saat berpuasa.

Diketahui, sebenarnya pada saat puasa kita bisa melakukan berbagi aktivitas yang justru berdampak baik pada tubuh kita, bahkan membuat tubuh semakin sehat. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak lemas saat berpuasa, di antaranya:

1, Porsi makan yang wajar saat sahur. Ketika sahur tiba, Anda tidak dianjurkan memakan secara berlebihan. Sebab, hal itu akan membuat Anda lebih cepat mengantuk. Padahal, pada pagi hari baiknya melakukan aktivitas ringan, sepeti jalan-jalan di pagi hari.

2, Memakan makanan yang mengandung karbohidrat. Saat sahur, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sangat bermanfaat sekali bagi tubuh lantaran bisa menyimpan energi yang cukup banyak. Selain itu, agar tidak cepat bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

3, Mengunyah makanan dengan santai. Ternyata mengunyah makanan dengan santai bisa berdampak baik untuk puasa kita. Pasalnya, ini akan mempermudah pencernaan untuk memproses makanan yang masuk.

4, Langkah selanjutnya agar tidak lemas saat berpuasa adalah dengan memperbanyak minum air putih saat sahur maupun saat buka. Diketahui, air putih sangat berperan penting untuk mengurangi dehidrasi tubuh. Saat buka, ini bermanfaat mengisi kekurangan cairan dan saat sahur bisa menjadi cadangan saat siang hari. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -