Kesal Menunggu Pasangan Make Up? Ternyata Ini Alasan Ilmiah Perempuan Suka Dandan

alasan ilmiah perempuan suka dandan
Alasan Ilmiah Perempuan Suka Dandan. Foto: Net/Ist

KBerita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi Anda para pria yang selalu merasa kesal ketika menunggu perempuan memakai make-up, Anda sebenarnya tak perlu kesal. Karena ada alasan ilmiah perempuan suka dandan.

Perempuan memang senang berlama-lama menghadap cermin, tentunya untuk berdandan agar terlihat lebih cantik. Selain itu, perempuan pada umumnya akan memperhatikan detail  dari penampilannya, mulai dari kostum hingga kosmetik yang diaplikasikan pada wajahnya. Hal ini karena perempuan memang dikenal suka tampil sempurna.

Banyak perempuan yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk mempercantik penampilan menggunakan make up. Bahkan ada juga yang mengaku, tak bisa keluar rumah jika tidak berdandan. Kosmetik yang digunakan pun beragam, dari mulai foundation, bedak, eyeshadow, eyeliner, blush on, hingga lipstick.

Banyak pria yang berpikir, perempuan berdandan khusus untuk mereka. Namun, hal tersebut ternyata tidaklah tepat. Sejumlah psikolog bahkan melakukan penelitian kenapa perempuan betah menghabiskan waktu berjam-jam di depan cermin.

Nah, berdasarkan survey yang dilakukan pada 2.000 lebih perempuan dari rentang usia 18-30 tahun, ditemukan alasan ilmiah perempuan suka dandan, sebagai berikut:

Perempuan Berdandan untuk Mengesankan Perempuan Lainnya

Yups, beberapa perempuan justru mengaku akan menghabiskan 80% waktu mereka untuk berdandan, tujuannya untuk mengesankan perempuan lainnya. Karena perempuan tahu betul bagaimana upaya untuk memelihara kecantikan, selain itu perempuan juga tidak lupa untuk memuji satu sama lainnya.

Rupanya mereka lebih banyak dipuji oleh sesama perempuan dibandingkan dipuji oleh para pria. Para pria terbiasa memperhatikan penampilan perempuan, hal ini juga dilakukan oleh sesama perempuan, karena itu banyak juga perempuan yang berdandan untuk memberi kesan pada perempuan lainnya.

Dalam survey tersebut, sejumlah perempuan juga mengaku mereka akan mencontoh perempuan lain untuk melihat gaya rambut, pakaian, ornamen dan juga alas kaki.  

Perempuan Berdandan untuk Diri Sendiri

Beberapa perempuan mengaku mereka berdandan untuk diri mereka sendiri. Terutama, pada kasus perempuan yang sedang patah hati. Seorang perempuan yang sedang patah hati umumnya ingin kembali memiliki kepercayaan diri.

Selain bekerja, berdandan juga diakui membuat perempuan merasa lebih baik pasca patah hati. Hal ini tentu sikap positif, dibandingkan tenggelam dalam depresi setelah patah hati.

Sebagian perempuan juga mengatakan, mereka berdandan untuk merasa cantik, tentu bukan untuk kepentingan siapa pun. Namun, merasa cantik membuat perempuan merasa lebih baik. Hal ini akan meningkatkan perasaan percaya diri. Rasa percaya diri membuat perempuan merasa nyaman dengan diri sendiri.

Perempuan Berdandan untuk Kesan Baik saat Bekerja

Sebanyak 70% perempuan dalam penelitian tersebut juga mengaku berdandan agar terlihat trendi dan modis untuk rekan kerja mereka. Tujuannya untuk menampilkan diri dengan baik, bukan untuk menarik perhatian siapapun.  

Sejumlah perempuan mengatakan mereka berdandan untuk keperluan pekerjaan, terutama saat melakukan presentasi ataupun bertemu dengan klien. Tujuannya agar terlihat rapi, bersih, percaya diri dan juga karismatik.

Hanya 10% Perempuan yang Mengaku Berdandan untuk Laki-laki

Survey tersebut juga mengungkapkan 10% perempuan yang berdandan untuk tampil baik dan sempurna untuk pria. Umumnya hal ini hanya sementara, yakni pada kencan pertama saja. Wanita kerap berdandan dengan baik, tapi alasannya bukan untuk pria.

Selain penelitian tersebut, ada juga penelitian lain yang mengungkapkan alasan ilmiah perempuan suka berdandan, terutama menggunakan make up. Seperti dikutip dari Psychology Today, berikut alasan kenapa perempuan suka memakai make up:

Perempuan suka Pakai Lipstik

Lipstik membuat penampilan perempuan lebih atraktif. Berdasarkan penelitan yang dilakukan Stephen & McKeedan pada tahun 2010, perempuan yang memakai lipstick terutama lipstick merah dianggap lebih atraktif dalam menggaet perhatian orang sekelilingnya.

Alasan Perempuan Pakai Foundation

Kosmetik yang satu ini berfungsi meratakan warna kulit yang memberikan kesan kulit sehat. Dalam sebuah penelitian, foundation merupakan produk kecantikan yang membuat penampilan lebih menonjol.

Riasan Perempuan yang Fokus pada Bagian Mata

Sementara penelitian lain juga mengungkapkan perempuan memilih riasan mata sebagai produk kecantikan yang mampu meningkatkan daya tarik pada wajah. Riasan mata seperti eyeshadow, eyeliner dan maskara faktanya mampu menciptakan tampilan mata yang lebih ekspresif.

Blush On untuk Kesan Pipi Segar dan Merona

Rona merah yang berbeda dari pipi akan membuat wajah nampak lebih segar dan juga sehat. Karena itu, banyak perempuan yang sering menggunakan blush on, teurtama pada pipi untuk menciptakan kesan wajah merona, segar, dan sehat.

Make Up Membuat Wajah Terlihat Lebih Sehat

Kosmetik tertentu akan membantu perempuan untuk mempercantik dirinya. Hasil eksperimen mengungkap perempuan yang ber-make up dinilai lebih sehat dan juga percaya diri.

Bahkan perempuan yang memakai make up dalam kesehariannya dinilai lebih memiliki potensi dibandingkan perempuan yang tidak memakai make up. Karena itu, produk kosmetik dianggap bermanfaat untuk menentukan representasi diri seseorang.

Nah itulah beberapa fungsi make up dalam mendongkrak penampilan fisik seorang perempuan, yang termasuk juga alasan ilmiah perempuan suka dandan. Jika Anda berdandan untuk diri sendiri, aura kecantikan akan lebih terlihat dibandingkan Anda berusaha berdandan untuk pujian dari orang lain. (Ndu/R7/HR-Online)