Amankan Mudik Lebaran, Polres Ciamis Siapkan 1.492 Personel

Operasi Ketupat Lodaya 2019
Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso bersama Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, saat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), – Polres Ciamis menerjunkan 1.492 personel dalam rangka mengamankan jalur mudik lebaran 2019. Hal itu terungkap saat apel gelar pasukan operasi Ketupat Lodaya 2019 yang dilaksanakan Polres Ciamis di Alun-alun Ciamis, Selasa (28/5/2019).

Rencananya operasi Ketupat Lodaya 2019 tersebut akan dilaksanakan mulai 29 Mei sampai 10 Juni 2019. Bukan hanya personel dari pihak kepolisian, namun personel TNI juga diterjunkan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2019.

Sebanyak 784 anggota Polri dan 708 anggota TNI Kodim 0613 Ciamis akan disiagakan di puluhan Pos Gatur, 10 Pos Pengamanan, 2 Pos Pelayanan dan 1 Pos Utama.

Selain polisi dan anggota TNI, di pos-pos tersebut juga akan ada petugas dari Dinas Perhubungan, BPBD, Damkar, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas terkait lainnya yang ada lingkungan Pemkab Ciamis.

Para personel gabungan Polisi, TNI dan petugas dari Dinas-dinas di Kabupaten Ciamis tersebut bertugas menjaga dan melayani pemudik yang melintas di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Intinya kami telah siap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang mudik melewati jalur Ciamis,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso di Alun-alun Ciamis, usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019.

AKBP Bismo juga mengatakan, semua personil harus siap siaga di Posnya masing-masing, supaya masyarakat merasa aman dan nyaman selama mudik ataupun ketika meninggalkan rumah.

“Untuk pengamanan mudik lebaran 2019 ini, kami bentuk 3 tim khusus,” terangnya.

Lebih lanjut AKBP Bismo mengatakan, ketiga tim khusus tersebut terdiri dari Tim Urai, Tim Derek, dan Tim Patroli.

“Tim urai itu anggota dari Satlantas yang bertugas mengurai kendaraan apabila terjadi kemacetan di jalur selatan Ciamis dengan menggunakan sepeda motor,” jelasnya.

Sementara, kata AKBP Bismo, Tim Derek bertugas menyediakan alat berat dan mobil derek di titik rawan longsor ataupun di tanjakan rawan kecelakaan.

Baca Juga: Cerita Mistis di Balik Sejumlah Kecelakaan di Tanjakan Cibeka Ciamis

“Fokus Tim Derek terutama di tanjakan Alinayin jalur utara menuju Tol Cipali dan tanjakan Cibeka jalur selatan yang dikenal ekstrim untuk para pengendara,” katanya.

Terakhir, kata dia, Tim Patroli dari Sabhara dan Reserse yang bertugas melakukan patroli di wilayah Ciamis. Tim Patroli ini yang akan menjaga dan mengantisipasi tindakan kriminal di lingkungan masyarakat.

AKBP Bismo menyebut Tim Patroli bertugas mencegah tindakan kriminal seperti pencurian di perumahan yang ditinggal penghuninya selama Lebaran.

“Termasuk patroli juga di tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan pasar, untuk antisipasi tindak kriminal,” pungkasnya. (Her2/R7/HR-Online)