Agar Awet Muda, Lakukan Pola Hidup Sehat Ini di Rumah

Agar Awet Muda, Lakukan Pola Hidup Sehat Ini di Rumah. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Setiap orang ingin menjalani pola hidup sehat. Namun, saat diminta untuk benar-benar menjalani gaya hidup sehat, belum tentu semuanya mau menjalaninya.

Keengganan itu biasanya muncul karena beranggapan cara menjalani pola hidup sehat itu sulit dan tidak menyenangkan. Meski tak mudah dilakukan, gaya hidup sehat memiliki banyak manfaat, diantaranya membantu menghindari obesitas, mencegah munculnya beragam penyakit, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan energi.

Apabila pola hidup sehat diterapkan secara teratur, maka sudah bisa dipastikan bakal berujung pada baiknya kualitas hidup dan juga kualitas kesehatan. Untuk itulah, menjaga gaya hidup sehat sangat penting dan harus dilakukan.

Jika kebiasaan gaya hidup tidak sehat tetap dilakukan setiap hari, tentu akan merugikan kesehatan kamu. Untuk mengubah kebiasaan memang bukan perkara mudah. Tetapi, bila didasarinya oleh niat yang kuat, maka pengorbanan pun harus dilakukan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/05/2019), berikut ini cara pola hidup sehat yang harus mulai dijalani guna mendapatkan hidup yang berkualitas ;

Makan Secara Sehat dan Seimbang

Mengonsumsi makanan dengan asupan gizi yang baik merupakan cara pola hidup sehat yang utama. Makanan sehari-hari wajib mengandung karbohidrat, vitamin, lemak, protein, dan mineral.

Seperti diketahui bahwa karbohidrat dan lemak merupakan sumber energi bagi tubuh. Sedangkan, protein untuk menjaga fungsi enzim, sel-sel, serta senyawa dalam tubuh supaya bisa bermetabolisme secara optimal.

Jangan lupa konsumsi pula makanan berserat. Pasalnya, air putih dan serat mampu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan serta zat-zat yang berbahaya dari dalam tubuh. Agar tidak merusak zat gizinya, perhatikan juga cara memasaknya.

Disarankan pula untuk mengonsumsi beragam sayuran dan buah-buahan setidaknya sembilan porsi dalam sehari. Hal ini merupakan bagian dari pola hidup sehat.

Makan dan Minum Sealami Mungkin

Saat ini begitu banyak makanan dan minuman yang diproduksi secara masal oleh industry. Proses produksi yang panjang dan perlu waktu lama untuk sampai pada konsumen, sehingga makanan dan minuman tersebut butuh bahan pengawet.

Mulailah menggunakan bahan pangan alami sebagai cara pola hidup sehat. Berhenti mengonsumsi minuman bersoda, fast food, alkohol, dan makanan yang mengandung banyak lemak tak sehat, seperti gorengan.

Kurangi Konsumsi Garam

Konsumsi garam berlebih bisa meningkatkan tekanan darah serta risiko terkena penyakit jantung dan stroke, yang mana penyakit jantung dan stroke membunuh banyak orang dalam setiap tahun dibanding penyebab lainnya.

Cara gaya hidup yang sehat adalah dengan memperhatikan konsumsi garam. Dalam setiap harinya, orang harus mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram sodium. Namun, bagi mereka yang berusia 51 tahun ke atas harus membatasinya hingga 1.500 miligram.

Jadi, untuk menjalankan pola hidup sehat adalah dengan memasak untuk diri sendiri. Cara tersebut menjadi pilihan teraman untuk mendapatkan hidup sehat berkualitas.

Jaga Kesehatan Usus dan Pencernaan

Usus merupakan salah satu bagian tubuh yang sering disepelekan kesehatannya. Padahal, usus berperan sangat vital bagi kebugaran tubuh. Jadi, mulai sekarang berikan perhatian lebih pada kesehatan usus kamu.

Untuk menjaga kesehatan usus, kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi asupan hasil fermentasi, seperti yogurt yang merupakan susu rendah lemak hasil fermentasi, teh kombucha, atau fromage frais, yaitu keju segar yang lembut terbuat dari susu.

Untuk memicu pertumbuhan bakteri baik pada tubuh, konsumsi asupan fermentasi secara rutin setiap hari. Asupan fermentasi juga bisa menjadi suplemen probiotik alami yang sangat baik bagi tubuh kita.

Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol

Untuk menjalankan pola hidup sehat, berhentilah melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan. Stop kebiasan merokok maupun mengonsumsi minuman beralkohol, terlebih jika kamu memiliki risiko diabetes atau bahkan sudah menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, depresi, atau artritis.

Olahraga Teratur

Gaya hidup sehat yang kerap dilewatkan oleh mereka yang hidup di kota besar adalah olahraga. Dengan cara melakukan olahraga yang benar dan waktu yang tepat bisa membuat peredaran darah menjadi lancar, serta menguatkan tulang dan otot. Pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga minimal 150 menit setiap minggu.

Mulailah mengevaluasi aktivitas kamu sehari-hari, apakah aktivitasmu didominasi oleh kegiatan duduk saja depan komputer, atau bergerak aktif setiap harinya. Hal ini penting untuk menjalankan pola hidup sehat yang benar.

Olahraga teratur bisa dimulai dengan melakukan olahraga rutin yang ringan, seperti yoga, lari atau bersepeda.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Cukupi kebutuhan cairan harian kamu. Sebab, air akan membuat setiap bagian tubuh bekerja dengan baik, dan mampu mencegah terjadinya penyakit batu ginjal juga konstipasi.

Disarankan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari, terkecuali jika kamu punya kondisi medis tertentu yang mengharuskan membatasi asupan cairan.

Minum air putih merupakan cara pola hidup sehat yang mudah dilakukan. Air putih baik sangat baik bagi tubuh karena tanpa bahan pengawet. Selain itu, air putih mengandung molekul-molekul netral yang sesuai dengan cairan tubuh.

Air putih juga tidak memiliki kandungan glukosa yang bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Bagi kamu yang setiap harinya sibuk beraktivitas, apalagi di tempat yang terik, jangan sampai kesibukan membuatmu lupa minum air putih.

Karena, jika tubuh kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi dan proses pembuangan racun serta logam berat tubuh tidak akan lancar. Penuhi kebutuhan cairan akan membuat tubuh terasa lebih bugas.

Hindari Stres

Beban hidup yang berat bisa menimbulkan stres. Adapun gejala fisik yang ditimbulkan akibat stres adalah sakit kepala, tekanan darah meningkat, sakit perut, dada terasa sakit, dan susah untuk tidur.

Oleh karena itu, menghindari stres merupakan cara pola hidup sehat. Mengelola stres bisa dilakukan dengan cara mengambil waktu untuk rileks, seperti melakukan hobi, meditasi atau yoga. Hal ini agar budaya hidup sehat bisa tercipta.

Istirahat yang Cukup

Kunci menjalankan pola hidup sehat adalah memiliki waktu istrihat yang cukup. Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi dengan air hangat, mendengarkan musik atau membaca buku bisa menjadi aktivitas menjelang tidur. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...