Bau Mulut Saat Berpuasa, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi bau mulut. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bau mulut menjadi masalah utama untuk yang menjalankan ibadan puasa. Pasalnya, bau tersebut sangat mengganggu terlebih yang pekerjaannya sering berkomunikasi dengan orang banyak.

Salah satu penyebab utama dari aroma tidak sedap yang keluar dari mulut ketika menjalankan saum adalah kekurangan cairan atau dehidrasi.

Untuk itu, saran dari Dr Max Riewer, seorang dokter gigi dari Sky Clinic Dubai, bagi yang berpuasa supaya rajin sikat gigi, dan kumur-kumur paling tidak 2 kali dalam satu hari. Dr Max juga memberi saran untuk sikat gigi sesudah sahur.

Menurut Dr Max, orang yang bau mulut saat berpuasa memang hal yang lazim atau normal. Namun, lanjutnya, bukan berarti bau yang tidak sedap dari mulut itu tidak bisa diatasi.

“Saya memberi rekomendasi untuk yang melakukan puasa supaya banyak minum air putih baik itu saat sahur atau buka puasa. Selain itu, diperbanyak memakan sayuran serta buah-buahan dan hindari makanan yang asin serta pedas, karena itu dapat mengakitbatkan kekurangan cairan dalam tubuh,” tuturnya dilansir dari The National.

Lantas bagaimana cara untuk menghindari bau mulut tersebut? Berikut ini tipsnya yang disarankan oleh Dr Max:

1. Untuk yang sahur dengan menu ikan dan minumannya susu, disarankan segera sikat gigi. Pasalnya, makanan dan minuman itu di dalamnya terkandung protein tertentu yang dapat mengakibatkan aroma tidak sedap dari mulut.

2. Menghindari makanan seperti keju atau coklat atau sejenis sereal. Karena dapat menempel pada sela-sela gigi, dan apabila tidak dibersihkan dengan benar maka bakal mengakibatkan nafas yang bau.

3. Jika gigi Anda ada yang bolong/retak, maka setelah sahur atau ketika akan tidur bukan hanya menyikat gigi saja, melainkan juga kumur-kumur menggunakan antiseptik.

4. Jangan lupa ketika menyikat gigi, bagian lidah juga dibersihkan terutama di lapisan putihnya. Karena, lapisan itu yang menjadikan penyebab nafas menjadi bau. Untuk membersihkannya dapat dengan alat untuk membersihkan lidah yang banyak dijual di apotek.

Selain itu, permasalahan saat puasa yang bisa menurunkan rasa percaya diri yaitu bau mulut, bisa juga disebabkan karena menu makanan saat sahur.

Untuk itu, hindari makanan yang bisa meninggalkan bau tidak sedap pada mulut, seperti bawang mentah, petai, durian, jengkol.

Mengapa disarankan perbanyak makan sayuran atau buah-buahan yang berserat, karena serta tersebut bisa berfungsi sebagai pembersih mulut dan perut, sebab kondisi perut yang tidak sehat akan menimbulkan gas sehingga memicu timbulnya bau mulut.

Berkurangnya produksi air liur selama berpuasa, maka gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride gel di lapisan luar guna mencegah gigi berlubang, dan penyegar mulut di lapisan dalam untuk membantu melawan bakteri penyebab bau mulut. Dengan begitu, maka nafas akan terasa segar selama melaksanakan ibadah puasa. (Adi/R5/HR-Online)