Cara Menebalkan Rambut Tipis Secara Alami, Cepat dan Murah

Cara Menebalkan Rambut Tipis Secara Alami, Cepat dan Murah. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tak semua orang dikarunia rambut yang tebal. Namun, ada cara menebalkan rambut secara alami dan cepat bagi Anda yang memiliki rambut tipis.

Rambut yang menipis bisa juga disebabkan karena memilih shampo yang tidak tepat dan kurang menutrisi hingga menyebabkan kerontokan.

Sebetulnya Anda sendiri bisa mengatasi rambut yang tipis, baik akibat faktor genetik maupun kerontokan tanpa harus pergi ke salon. Selain murah, cara menebalkan rambut tipis secara alami ini terhitung mudah.

Namun, sebelum mengetahui cara menebalkan rambut tipis karena rontok, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi faktor penyebab rambut rontok.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/05/2019), penyebab rambut tipis bisa diakibatkan oleh stres, pengaruh makanan dan perubahan hormon.

Selain itu, juga bisa disebabkan oleh zat kimia, seperti jenis shampo yang tidak cocok atau efek samping dari mengonsumsi obat.

Bahkan, penyakit kulit, penyakit autoimun, merokok dan konsumsi minuman beralkohol juga dapat menjadi penyebab rambut terus menipis.

Setelah Anda tahu beberapa faktor penyebabnya, saatnya kini untuk mengetahui bagaimana cara menebalkan rambut tipis secara alami dan cepat. Berikut ini cara-caranya;

Dengan Minyak Kemiri

Cara menebalkan rambut tipis dengan menggunakan kemiri atau minyak kemiri sebetulnya diterapkan sejak dulu. Seperti diketahui bahwa kemiri merupakan salah satu bahan dapur yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan.

Bukan hanya itu, kemiri maupun minyak kemiri bisa juga dimanfaatkan untuk menebalkan rambut dan membuat rambut menjadi sehat berkilau. Pasalnya, zat aponin, polifenol dan falvonoida yang terkandung dalam kemiri sudah banyak dibuktikan dalam penelitian.

Zat tersebut memiliki arti besar bagi kesehatan manusia. Anda pun bisa menggunakan kemiri sebagai cara menebalkan rambut melalui dua metode.

Pertama dengan menumbuk halus kemiri, kemudian oleskan pada kulit kepala selama 30 menit, dan cara kedua, gunakan minyak kemiri dengan cara dioleskan pada kulit kepala selama 30 menit.

Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun diketahui banyak mengandung zat yang dibutuhkan tubuh, diantaranya vitamin A, C, D, E, K, asam maristat, asam lemak tak jenuh, asam palmitat, asam arachidat, asam stearate, lignoserat, asam oleat, polifenol, pottasium, zat besi, asam lemak esensial, dan kalsium.

Kandungan tersebut yang menjadi alasan mengapa minyak zaitun bisa digunakan untuk menebalkan rambut. Caranya pun sangat mudah, cukup oleskan minyak zaitun pada kulit kepala setiap sebelum keramas.

Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang bisa digunakan untuk menebalkan rambut bukanlah minyak kelapa goreng melainkan minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan virgin coconut oil.

Minyak kelapa murni merupakan modifikasi dari proses pembuatan minyak kelapa yang menghasilkan produk dengan kadar air serta kadar asam lemak bebas yang rendah. Warnanya kuning dan berbau harum, serta memiliki daya simpan yang cukup lama.

Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni untuk menebalkan rambut tipis akibat. Caranya, cukup oleskan minyak kelapa murni pada kulit kepala setiap sebelum keramas.

Dengan Santan

Siapa sangka kalau ternyata santan juga bisa digunakan sebagai cara menebalkan rambut tipis secara alami dan cepat. Kandungan lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, zat besi dan tembaga dalam santan memiliki manfaat untuk menebalkan rambut secara efektif.

Dengan Teh Hijau

Teh hijau tak hanya untuk diminum tapi juga bisa digunakan untuk menebalkan rambut yang efektif, karena teh hijau mengandung zat antioksidan, vitamin C, polifenol, fluoride, mangan, katekin dan L-teanin.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, yakni dengan mendiamkan selama 15 menit seduhan daun teh hijau, kemudian oleskan pada kulit kepala.

Dengan Madu

Sejak dulu madu dipercaya memiliki khasiat untuk menebalkan rambut. Caranya, cukup oleskan madu pada rambut secara merata seperti halnya menggunakan masker rambut. Lalu, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Dengan Lidah Buaya

Cara menebalkan rambut dengan menggunakan lidah buaya memang sudah menjadi rahasia umum dan sudah dilakukan sejak dulu. Lidah buaya atau dikenal dengan sebutan Aloe vera banyak menjadi kandungan yang ada dalam berbagai merk shampo.

Sudah sejak dulu lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat. Selain untuk menebalkan dan menyuburkan rambut, juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut, menghilangkan ketombe, memutihkan kulit, memutihkan wajah, dan juga menyembuhkan luka.

Lidah buaya banyak mengandung zat penting untuk menunjang kesuburan rambut, diantaranya protein, kalsium, lemak, karbohidrat, fosfor, vitamin A, B1 dan vitamin C, serta zat besi.

Caranya menggunakannya sangat mudah, cukup mengambil satu tangkai lidah buaya, belah menjadi dua secara horizontal, lalu usapkan gel yang ada di bagian tengah pada kulit kepala.

Setelah itu diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan mencuci rambut. Gunakan cara ini dua hari sekali atau setiap sebelum keramas.

Dengan Putih Telur

Putih telur memang berbau amis, namun bisa digunakan sebagai cara menebalkan rambut tipis secara alami dan cepat. Nah, agar bau amisnya berkurang, campurkan putih telur dengan air perasan jeruk nipis, kemudian oleskan pada kulit kepala.

Dengan Pisang dan Alpukat

Pisang dan alpukat merupakan buah-buahan yang kaya vitamin A dan C. Keduanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta kemilau rambut. Caranya, haluskan ke dua bahan tersebut, kemudian oleskan pada rambut secara merata seperti halnya saat mengaplikasikan masker rambut.

Dengan Jeruk

Ternyata buah jeruk juga bisa digunakan untuk menebalkan rambut tipis. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan membelah jeruk, kemudian oleskan pada kulit kepala.

Dengan Seledri

Seledri mengandung banyak air, bahkan kandungan airnya mencapai 93 persen dari total berat seledri. Selain itu, seledri juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, zat besi, serat, kalium, dan fosfor. Cara menggunakannya, haluskan dulu seledri, lalu oleskan secara merata pada rambut.

Memakai Shampo yang Tepat

Memakai shampo yang tepat merupakan cara menebalkan rambut yang terakhir. Namun, ketahui terlebih dahulu jenis rambut Anda supaya tidak salah memilih produk shampo.

Cukupi Kebutuhan Gizi

Konsumi makanan yang baik bagi kesehatan seperti buah-buahan dan sayuran agar kebutuhan gizi tubuh bisa terpenuhi, sehingga produksi hormon rambut pun tidak terganggu.

Cukupi Kebutuhan Vitamin A

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin A maka kebutuhan nutrisi dalam tubuh pun akan tercukupi agar rambut tidak akan mengalami kerontokan yang parah.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, Anda bisa menggunakan vitamin rambut yang banyak mengandung vitamin A, atau bisa juga mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A seperti apel dan wortel.

Itulah beberapa cara menebalkan rambut tipis akibat rontok secara cepat dan alami yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat. (Eva/R3/HR-Online)