Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dengan Diet Alpukat

Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dengan Diet Alpukat. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Diet alpukat merupakan cara menurunkan berat badan yang saat ini cukup banyak diminati. Jenis buah yang satu ini punya segudang manfaat bagi kesehatan.

Hal itulah yang membuat sebagian orang memasukkan alpukat ke dalam menu diet sebagai cara menurunkan berat badan. Tetapi, apakah diet alpukat ini benar-benar ampuh bisa turunkan berat badan?

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Selasa (21/05/2019), berikut ini adalah penjelasannya ;

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat

Kandungan nutrisi buah alpukat. Photo : Net/Ist.

Alpukat merupakan sumber vitamin B-6, C, E, dan K, serta asam folat, riboflavin, magnesium, kalium, niasin, dan asam pantotenat. Selain itu, buah alpukat juga menyediakan asam lemak omega-3, beta-karoten, dan lutein.

Meski sebagian besar kalori dalam alpukat mengandung lemak, namun Anda tak perlu khawatir karena alpukat penuh dengan lemak sehat yang mampu mengendalikan kadar kolesterol, dan membantu Anda tetap merasa kenyang jika mengonsumsinya.

Sebab, jika Anda mengonsumsi lemak, maka otak akan menerima sinyal untuk mematikan nafsu makan Anda. Selain itu, mengonsumsi lemak juga dapat memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh.

Hal ini yang akan membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil karena lemak sangat dibutuhkan untuk setiap sel dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi lemak sehat berarti mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan mineral, vitamin, serta nutrisi penting yang larut dalam lemak. Bahkan, lemak sehat yang terkandung dalam alpukat mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengenal Diet Alpukat

Cara menurunkan berat badang dengan diet alpukat. Photo : Net/Ist.

Alpukat bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat karena alpukat dapat membuat Anda merasa lebih kenyang setelah mengonsumsinya. Sehingga, Anda tidak akan banyak ngemil dan bisa menahan nafsu makan.

Cara melakukan diet alpukat yaitu mengonsumsinya untuk sarapan, makan siang, makan malam, bahkan sampai ngemil. Alpukat bisa disajikan dengan sayuran, roti, dibuat smoothie, atau buahnya saja.

Namun, para ahli tidak menganjurkan diet yang hanya membatasi satu jenis makanan tertentu saja karena biasanya kurang sehat. Buah merupakan makanan sehat bila dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang.

Meski begitu, sebaiknya buah bukanlah satu-satunya makanan yang Anda konsumsi dalam sehari, terlebih jika jenis buahnya cuma itu-itu saja.

Memang buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh, kalium, serta, serta vitamin K. Semua kandungan nutrisi tersebut membuat alpukat menjadi buah yang sehat bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Alpukat termasuk buah yang tinggi kalori. Satu setengah buah alpukat mengandung 182 kalori. Jadi, kalau Anda makan terlalu banyak, berat badan bukannya turun tapi malah sebaliknya akan meningkat. Hal inilah yang membuat alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk menaikkan berat badan.

Selain itu, Anda juga akan kehilangan nutrisi penting lainnya yang tidak terkandung dalam alpukat jika Anda mengonsumsi buah tersebut dalam waktu tertentu. Artinya, lakukan diet alpukat sesuai tujuan Anda.

Jika diet alpukat dijadikan cara menurunkan berat badan, jangan konsumsi alpukat secara berlebihan, tapi ganti menu makanan Anda dengan menambahkan alpukat. Seperti telur dadar alpukat atau salad buah alpukat.

Kemudian, jangan jadikan alpukat sebagai makanan camilan, karena tanpa Anda sadari hal itu akan menambah asupan kalori. Anda dapat mengganti alpukat sebagai makanan yang sehat dalam diet, seperti untuk camilan sore.

Manfaat Diet Alpukat

Membantu Turunkan Berat Badan

Lemak dalam alpukat merupakan jenis lemak nabati tak jenuh tunggal. Disebut lemak baik karena sifatnya yang sangat mudah dibakar untuk diubah menjadi energi. Pasalnya, kandungan kalori yang padat serta lemak baik bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Dengan begitu maka Anda pun menjadi bisa mengendalikan hasrat mencari cemilan atau makanan lainnya. Hal ini baik bila Anda ingin dijadikan sebagai cara menurunkan berat badan.

Selain itu, buah alpukat juga termasuk buah yang mengandung tinggi serat, namun kandungan karbohidratnya rendah, sehingga dapat memabntu turunkan berat badan berlebih.

Mencegah Osteoporosis

Dalam sehari tubuh membutuhkan 25 persen asupan vitamin, dan setengah buah alpukat menyediakan sekitar 25 persen vitamin. Namun sayangnya, manfaat dari vitamin tersebut terkadang diabaikan, padahal vitamin K berperan penting bagi kesehatan tulang.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin K yang cukup bisa mendukung kesehatan tulang. Caranya dengan meningkatkan penyerapan kalsium, serta mengurangi pembuangan kalsium melalui urine.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Meski buah alpukat memiliki tekstur yang lembut seperti krim, namun sebetulnya tinggi akan serat, yakni sekitar 6-7 gram dalam per setengah buahnya.

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat alami bisa membantu menjaga saluran pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, serta membantu menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Itulah diet alpukat sebagai cara menurunkan berat badan yang sehat jika dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang, sesuai yang dibutuhkan tubuh Anda. Selamat mencoba! (Eva/R3/HR-Online)