Berkah Ramadhan, FE Unigal Santuni Yatim dan Dhu`afa

Foto : Dekan FE Unigal saat memberikan sembako kepada warga.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pada momen Ramadan penuh berkah tahun ini, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh (FE Unigal) kembali menggelar kegiatan sosial pemberian santunan kepada anak yatim dan dhu`afa, Rabu (22/05/2019).

Dekan FE Unigal, Nurdiana Mulyantini, SE.,MM, ketika ditemui HR Online, Rabu (22/05/2019), menuturkan bahwa kegiatan sosial pemberian santunan anak yatim dan dhu`afa kali ini mengusung tema “Indahnya berbagi dan silaturahmi di bulan yang penuh berkah”.

Nurdiana menjelaskan, kegiatan sosial tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan keluarga besar civitas akademika FE Unigal. Dengan kata lain, kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian sosial civitas akademika FE Unigal terhadap masyarakat yang membutuhkan.

“Tahun ini Alhamdulilah kita berhasil menyisihkan 2,5 persen yang dihimpun dari setiap kegiatan FE. Tahun ini kita berbagi 150 orang masyarakat yang membutuhkan, yang ada di sekitaran kampus. Jumlah penerima kali ini bertambah bila dibandingkan jumlah penerima tahun lalu,” katanya.

Menurut Nurdiana, selain mencari keberkahan di bulan suci Ramadan, kegiatan berbagi ini sebagai cara pihaknya untuk bersilaturahmi dengan warga di sekitaran kampus FE. Kegiatan itu juga ditujukan agar keberadaan FE Unigal dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

“Selama ini mungkin masyarakat hanya tahu FE Unigal dari bangunannya saja. Tapi kali ini mereka juga berkesempatan untuk mengenal lebih dekat siapa kami, orang-orang yang ada di dalamnya dan juga program-progam pengabdian FE kepada masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Nurdiana menyampaikan program serta agenda pengembangan FE Unigal kedepan. Yang mana pihaknya berharap masyarakat turut memberikan doa serta dukungan untuk kelancaran serta kesuksesan program yang sudah dicanangkan FE Unigal tersebut.

Nurdiana mengungkapkan, kegiatan atau tradisi berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu akan terus dipertahankan sebagai bagian dari program FE Unigal. Disamping itu, juga sebagai bentuk rasa syukur keluarga besar civitas akademika FE Unigal.

“Kami ingin mengajarkan kepedulian sosial terhadap sesama, khususnya kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena itulah kami memaknai bulan Ramadan dengan peduli sesama insan. Kita ingin terus berbagi dengan mereka. Sebab, pada sebagian harta kita ada hak untuk masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Foto : FE Unigal menyelenggarakan kegiatan bakti sosial.

Pada kesempatan itu, Ustadz Jejen, dalam tausiyahnya menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada perintah Allah SWT yang menginginkan makhluknya untuk selalu saling tolong-menolong dan membantu sesama yang membutuhkan.

Bahkan, kata Jeje, sikap empati dan menyayangi sesamanya merupakan suri tauladan yang dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umatnya. Maka hendaklah sebagai umat muslim, mengikuti jalan yang telah diperlihatkan Nabi.

Jejen mengatakan, Ramadan merupakan bulan suci bagi umat muslim seluruh dunia. Serta sangat baik digunakan untuk mencari banyak berkah dari Allah SWT. Karena di bulan tersebut banyak ampunan dan pahala yang dilimpahkan.

“Tidak ada salahnya, sebuah lembaga ingin berbagi dengan kaum dhuafa dan anak yatim ataupun masyarakat yang membutuhkan. Karena momen tersebut merupakan bentuk rasa syukur. Alhamdulillah, FE Unigal diberi rezeki lebih oleh Allah SWT. Tentunya sangat berharap mendapat magfirah dan ridha-Nya,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Rektor Universitas Galuh,  Dr. H. Yat Rospia Brata,  mengapresiasi kegiatan sosial yang selalu menjadi agenda rutin tahunan, khusunya di bulan ramadhan. Kegiatan sosial tersebut merupakan bentuk rasa syukur keluarga besar civitas akademika FE Unigal serta juga merupakan bentuk pengabdin civitas akademika yang tujuannya yaitu untuk membangun kepedulian antar sesama.

“Semoga kegiatan sosial yang selalu dilakukan FE Unigal menjadi salah satu pintu ikhtiar dalam membangun kepekaan sosial terhadap sesama. Khususnya di bulan suci ini. Serta semakin maju dan berkah, sehingga dapat memberikan manfaat lebih besar lagi untuk masyarakat,” ujarnya.

Yat berharap, sejalan dengan kegiatan FE Unigal Santuni Yatim dan Dhu`afa tersebut, keberkahan selalu menyertai. Selain itu, semoga kedepan program serta kegiatan yang dicanangkan FE Unigal dapat berjalan lancar. Dan apa yang menjadi target serta impian FE Unigal tercapai. (Heri/R4/HR-Online)