Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisJaga Alam, Biker Brotherhood 1% MC Bagikan Bibit Pohon Sambil Ngabuburit

Jaga Alam, Biker Brotherhood 1% MC Bagikan Bibit Pohon Sambil Ngabuburit

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Brotherhood For Nature salah satu program yang digagas Biker Brotherhood 1% MC Tasik, Ciamis, Banjar untuk menjaga dan melestarikan alam. Program tersebut diimplementasikan dengan pembagian 200 bibit pohon kepada masyarakat di Tugu Pahlawan, Alun-alun Ciamis, Selasa sore (28/5/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan sambil ngabuburit ini bukan hanya membagikan bibit pohon, namun juga dilengkapi dengan acara santunan pada 25 anak yatim. Masing-masing anak yatim tersebut mendapat tas gendong.

“Pembagian 200 bibit pohon ini merupakan upaya untuk melestarikan juga menjaga lingkungan. Kita ajak masyarakat untuk menanam pohon dalam rangka melestarikan alam,” ujar H. Yusdi Mubarok, Koordinator Bikers Brotherhood 1% MC Ciamis.

Bibit yang dibagikan berasal dari pohon yang bisa menahan longsor seperti pohon-pohon yang umumnya terdapat di hutan. Selain itu, ada juga bibit buah-buahan yang bisa ditanam di lingkungan sekitar. Bibit buah-buahan ini selain ditanam untuk menjaga keasrian lingkungan, buahnya juga bisa dipanen dan dikonsumsi oleh manusia.

“Selain bibit pohon, kami pun memberikan pupuknya serta sedikit penjelasan mengenai bibit pohon yang diberikan, supaya nantinya masyarakat tahu bagaimana cara menanam dan merawatnya,” jelas H. Yusdi.

H. Yusdi berharap masyarakat bukan hanya menanam bibit pohon, namun juga bisa menjaga dan merawatnya untuk melestarikan alam.  

“Pada dasarnya kegiatan ini merupakan implementasi program Brotherhood For Nature yang kami laksanakan melalui kerja sama dengan berbagai pihak,” terangnya.

Lebih lanjut H. Yusdi menerangkan, kegiatan serupa sudah dilaksanakan beberapa kali. Misalnya, kata dia, Biker Brotherhood 1% MC Tasik, Ciamis, Banjar juga menggelar sunatan masal di SMKN 2 Ciamis.

“Insya Allah ke depan akan terus berlanjut dengan kegiatan sosial lainnya yang tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

H. Yusdi juga menyebut anggota Biker Brotherhood 1% MC Ciamis, Tasik, Banjar ada 30 orang saja. Diantaranya, dari Tasikmalaya 11 orang, Ciamis 8 orang dan Kota Banjar ada 7 orang.  

“Memang anggota Bikers Brotherhood 1% MC itu tidak banyak, karena motor yang dkami gunakan adalah motor tua,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)