Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita CiamisPeroleh 11.963 Suara, Uus Rusdiana Caleg Pendulang Suara Terbanyak di Ciamis

Peroleh 11.963 Suara, Uus Rusdiana Caleg Pendulang Suara Terbanyak di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Calon Anggota Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kabupaten Ciamis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Uus Rusdiana, tercatat sebagai caleg pendulang suara terbanyak se-Kabupaten Ciamis. Uus memperoleh 11.963 suara. Capaian suara Uus ini terbilang luar biasa. Pasalnya, sebagai pendatang baru, Uus berhasil melampaui perolehan suara semua caleg, termasuk caleg petahana di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Uus, sebagai politisi muda, rupanya paham betul berstrategi dalam mendulang suara. Meski berangkat dari parpol berbasis Islam, namun dia tidak hanya mengandalkan basis parpolnya yang mayoritas berada di komunitas religus. Tapi, dia pun mengarap segmen lainnya, yaitu kalangan muda milenial.

Uus yang merupakan Dewan Penasehat Ormas GIBAS dan penghobi motor vespa ini, tentu memiliki jaringan luas di kalangan pemilih milineal. Hal itu rupanya tidak disia-siakan oleh pria asal Kecamatan Cikoneng ini untuk merangkul dukungan massa. Alhasil, militansi anggota ormas dan persaudaran anggota komunitas vespa memberi sumbangsih besar kepada Uus untuk menambah jaringan massa di Dapil 1 Ciamis.

Selain itu, Uus pun diuntungkan oleh isu putra daerah yang dimana masyarakat di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng ingin memiliki anggota DPRD dari daerahnya. Alhasil, Uus sebagai putra daerah, berhasil mendulang 1.708 suara dan sekaligus sebagai caleg yang memperoleh suara terbanyak di Desa Nasol.

Selain itu, Uus juga merajai perolehan suara di beberapa desa lainnya di Kecamatan Cikoneng. Seperti di Desa Kujang memperoleh 1.116 suara, Desa Margaluyu 816 suara, Desa Sindangsari 716 suara  dan Desa Cimari 713 suara. Total suara Uus se Kecamatan Cikoneng memperoleh 6.541 suara atau terbesar dibanding caleg lainnya, termasuk caleg parpol lain yang berasal dari Kecamatan Cikoneng.

Sementara untuk di kecamatan lain, perolehan suara Uus pun cukup tinggi. Di Kecamatan Ciamis memperoleh 1.429 suara, Kecamatan Sidangkasih 2.306 suara dan Kecamatan Sadananya 1.687 suara. Tingginya suara PKS termasuk suara pribadi Uus tidak lepas dari efek Prabowo-Sandi yang mendulang suara cukup tinggi di Dapil 1 Ciamis. Di Dapil 1 Ciamis, suara total PKS sebagai parpol pengusung Prabowo-Sandi memperoleh 23.063 suara.

Namun begitu, PKS di Dapil 1 belum berhasil sebagai parpol pendulang suara terbanyak. PKS harus puas berada di posisi kedua setelah PDIP. Meski begitu, PKS berhasil memperoleh 2 kursi di Dapil 1 bersama PDIP dan Partai Gerindra.

Saat ditemui HR Online, Minggu (05/05/2019), Uus Rusdiana, menyatakan bersyukur dirinya bisa mencatatkan sejarah sebagai caleg pendulang suara terbanyak di Kabupaten Ciamis. Menurutnya, catatan prestasi sebagai caleg pendulang suara terbanyak di Kabupaten Ciamis bukan sebab pribadinya semata, namun ada kerja tim sukses yang solid dan senantiasa memberi arahan pada dirinya.

“Tentunya dukungan masyarakat adalah yang lebih utama. Saya berterima kasih jazakallohkhoir pada masyarakat yang telah memilih saya. Semoga saya bisa menjalankan amanah ini dengan baik dan istiqomah,” katanya.

Sekedar catatan, meski caleg pendatang baru, namun pria kelahiran Ciamis 4 Desember 1984 ini bukan kader baru di PKS. Uus yang sudah lama aktif di DPD PKS Kabupaten Ciamis ini selalu mendapat amanah sebagai pengurus parpolnya. Kali ini Uus menjabat sebagai Ketua Bidang Humas DPD PKS Kabupaten Ciamis. Dia pun dipercaya sebagai staf Fraksi PKS di DPRD Provinsi Jawa Barat.

Dengan pengalaman dan dedikasi yang cukup lama sebagai kader parpol, maka wajar apabila bisa menghantarnya sebagai caleg pendulang suara terbanyak di Kabupaten Ciamis. (R2/HR-Online)

Berita Terkait
Prediksi Daftar Anggota DPRD Kabupaten Ciamis Periode 2019-2024

Prabowo- Sandi Unggul di Ciamis Raup 59,21%, Tapi Pileg Dimenangkan PDI

- Advertisment -

Berita Terbaru