Camat Baregbeg Imbau Warga Tenang Tanggapi Hasil Pilpres

Camat Baregbeg Imbau Warga Tenang Tanggapi Hasil Pilpres

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Camat Baregbeg, Dra. Rusmiwati, mengimbau masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang penetapan dan pengumuman hasil Pemilu, khususnya Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan Rusmiwati saat memberikan sambutan usai menyelenggarakan taraweh keliling (Tarling) perdana, di wilayah Desa Karangampel, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Senin (13/04/2019).

Dari pantauan HR Online, dalam kegiatan tarling perdana, sejumlah unsur perwakilan lembaga turut hadir. Diantaranya, Camat Baregbeg, Kepala UPTD Pendidikan, Kapospol, Babinsa, perwakilan MUI, perwakilan Baznas, perwakilan UPK, Ketua BKAD, dan Kepala Desa Karangampel.

Pada kesempatan itu, Sumiwati juga menyerahkan bantuan berupa santunan dan sembako bagi masyarakat. Santunan dan sembako itu diantaranya berasal dari Baznas Kabupaten Ciamis.

Kapospol Baregbeg, Suwarman, mewanti-wanti masyarakat untuk menghindari menyalakan petasan. Termasuk memberikan pengawasan terhadap anak-anak yang menyalakan petasan. Menurutnya, petasan berpotensi membahayakan dan merugikan orang lain.

Warga Pendidikan Berikan Infaq

Warga Pendidikan Berikan Infaq

Di tempat yang sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamata Baregbeg, H. Dedi Kusmana, memberikan infaq hasil dari patungan warga pendidikan se wilayah Kecamatan Baregbeg.

Infaq warga pendidikan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala UPTD Pendidikan Baregbeg, kepada Pengurus DKM setempat. Dedi berharap, infaq yang tidak seberapa itu bisa membantu meringankan kebutuhan DKM.

BKAD Fasilitasi Itsbat Nikah

Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Baregbeg, memfasilitasi warga se wilayah Kecamatan Baregbeg untuk melaksanakan itsbat nikah. Fasilitasi tersebut didanai langsung oleh BKAD dengan sumber anggaran dari surplus UPK (Unit Pelaksana Kegiatan).

“Dari 18 pasang yang mendaftar, kita sudah fasilitas 10 pasang. Kini mereka sudah resmi diakui negara dan memiliki buku nikah. Semua (anggarannya) difasilitasi BKAD, mulai biaya pendaftaran, trasportasi, sidang itsbat, saksi-saksi dan lainnya,” kata Ketua BKAD Baregbeg, Sanjo Suprayoto, Senin (13/05/2019).

Sanjo menuturkan, fasilitasi itsbat nikah tersebut merupakan tindaklanjut hasil kegiatan peringatan ulang tahun Kecamatan Baregbeg. Program fasilitasi itsbat nikah juga dilakukan secara rutin tiap tahun.

Senada dengan itu, Ketua PHBN Kecamatan Baregbeg, Dedi Kusmana, membenarkan tindaklanjut hasil rangkaian kegiatan ulang tahun Kecamatan Baregbeg. Salah satunya pogram fasilitasi itsbat nikah bagi 10 pasangan warga se Kecamatan Baregbeg.   

“Selamat, bagi warga yang sudah mengikuti itsbat nikah. Kini sudah resmi diakui negara dan memiliki buku nikah,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)