Tips Melindungi Smartphone dari Serangan Hacker

Tips Melindungi Smartphone dari Serangan Hacker. Photo : Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Melindungi smartphone dari serangan hacker menjadi salah satu bagian penting yang harus dijaga. Pasalnya, smartphone sering digunakan untuk menyimpan data-data penting.

Selain itu, mungkin saja kejadian tak mengenakan bisa terjadi dengan perangkat Anda, misalnya ponsel hilang atau dicuri, atau kemungkinan terjadi peretasan hacker dari halaman internet yang Anda kunjungi.

Dikutip dari lama Digital Unit, Senin (20/05/2019), berikut ini adalah beberapa tips untuk melindungi smartphone dari serangan hacker ;

Gunakan Kunci Layar

Ponsel baru banyak yang menawarkan kunci layar, baik melalui kunci pola, bentuk atau pola yang dipersonalisasi digambar di layar untuk memberikan akses. Jadi, pastikan layar ponsel Anda dibersihkan secara teratur.

Bila ponsel Anda hilang atau dicuri, maka jejak jari apa pun biasanya bisa dilihat dan diakses di layar. Selain menggunakan kunci pola, kode PIN juga menawarkan alternatif dan bisa menghemat waktu.

Dengan kode PIN membuat kata sandi Anda sulit dipecahkan tapi gampang diingat oleh Anda.

Untuk melindungi smartphone dari serangan hecker, Anda juga bisa menggunakan pelacak jarak jauh kalau Anda kehilangan ponsel.

Pada smartphone Android disebut “Find my Device”, sedangkan di Apple iPhone disebut “Find my iPhone”. Dengan cara ini Anda dapat menonaktifkan ponsel dari jarak jauh jika hal itu diperlukan.

Gunakan Kunci Kartu SIM

Kunci layar memang akan sangat membantu, namun tidak akan menghentikan seseorang untuk mengeluarkan kartu SIM dari ponsel Anda, kemudian menggunakannya di ponsel lain.

Agar hal ini tidak terjadi, atur kunci kartu SIM dalam bentuk nomor PIN yang harus dimasukkan saat telepon dihidupkan untuk terhubung ke jaringan.

Lindungi Data Sensitif

Sangat penting melindungi data sensitif yang disimpan dalam penyimpanan internal. Karena, meskipun entri PIN maupun kunci kata sandi sangat membantu, secara efektif smartphone adalah komputer mini dengan penyimpanan yang mudah dilepas.

Bahkan terlalu mudah untuk mengambil data hanya dengan menyambungkannya ke komputer atau mengeluarkan kartu microSD.

Sedangkan, pada penyimpanan internal tersedia perangkat lunak yang dapat mengenkripsi file atau folder, jadi kode harus dimasukkan terlebih dahulu sebelum file bisa dilihat atau disalin.

Untuk memberikan perlindungan otomatis, saat ini sudah banyak perangkat lunak yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis, serta mampu bekerja secara efektif dengan telepon Anda.

Perangkat lunak tersebut contohnya AutoKrypt, tapi lakukan “berbelanja” untuk menemukan solusi yang tepat guna pengaturan Anda.

Selain itu, untuk melindungi smartphone dari serangan hacker yaitu Anda harus selalu mencadangkan data. Bagi pengguna iPhone harus mencadangkan data Anda di iCloud. Anda juga bisa menyimpan data di OneDrive atau Dropbox.

Perlindungan Nirkabel

Ketika sedang tidak digunakan, selalu matikan koneksi nirkabel ponsel Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa orang tidak bisa terhubung ke smartphone Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Selain itu, Anda juga harus periksa pengaturan keamanan jaringan ponsel. Sebab, mungkin saja tanpa Anda sadari dalam pengaturannya dikonfigurasikan secara otomatis terhubung ke jaringan saat dalam jangkauan.

Jika Anda menggunakan hotspot, hati-hati terhadap konkesi jahat hacker yang nyaris sama dengan hotspot yang sah dari perusahaan besar. Jadi, pastikan router nirkabel yang Anda akses di rumah dilindungi kode sandi.

Itulah beberapa cara melindungi smartphone dari serangan hacker yang saat ini kerap dialami oleh pemilik ponsel pintar. (Eva/R3/HR-Online)