Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Mudah Dipraktikkan

Cara menghilangkan jerawat batu
Cara Menghilangkan Jerawat Batu. Foto: Net/Ist

Cara menghilangkan jerawat batu menggunakan bahan alami dan mudah didapatkan serta cukup gampang untuk dipraktikkan.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Keberadaan jerawat batu di wajah memang menjengkelkan. Jerawat yang dikenal dengan nama latin Cystic Acne ini umumnya berukuran besar, penyebabnya karena peradangan sekitar jerawat sehingga ukurannya pun akan terlihat lebih besar dari pada jerawat biasa.

Sejumlah dokter spesialis kulit dan kelamin menyebutkan jika jerawat batu yang timbul di wajah itu umumnya karena adanya peradangan pada kulit di bagian kelenjar lemak. Peradangan tersebut biasanya disebabkan oleh sebum atau kelenjar minyak yang berlebihan dan menyumbat pori-pori kulit.

Jerawat batu akan semakin parah jika kita terbiasa memencet jerawat, padahal kuman yang ada di tangan kita bisa membuat jerawat makin membesar dan susah untuk diatasi.

Selain di wajah, jerawat batu juga bisa timbul di bagian punggung, leher, bahkan bisa juga muncul pada bagian dada. Jerawat batu bisa lebih parah jika terlihat merah, terasa nyeri, dan benjolannya makin membengkak akibat infeksi.

Satu hal yang menjengkalkan dari jerawat batu adalah bekasnya yang sulit untuk dihilangkan, selain itu bentuknya yang menonjol membuat rasa percaya diri kita terganggu.

Sebagian orang percaya cara menghilangkan jerawat baru adalah dengan mengeluarkannya menggunakan sendok berbentuk bulat pada ujungnya. Jika Anda berkonsultasi ke dokter, dokter mungkin akan memberi Anda antibiotik yang bisa Anda minum atau obat untuk dioleskan. Dokter juga biasanya akan memberikan obat antiradang, tujuannya agar rasa nyeri pada jerawat bisa berkurang. Selain itu, bisa juga untuk mempercepat penyembuhan.

Namun, tentunya tidak semua orang pergi ke dokter hanya karena jerawat batu. Karena itu HR Online rangkum cara menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan serta gampang pula untuk dipraktikkan.

Putih telur

Jerawat batu bisa diatasi dengan menggunakan putih telur. Pertama, Anda harus siapkan telur dan memisahkan bagian kuning telur. Ambil hanya bagian putih telurnya. Lalu kocok putih telur tersebut hingga mengembang.

Selanjutnya Anda tinggal mengoleskannya pada bagian yang berjerawat. Tinggal diamkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu Anda bisa membasuhnya dengan air hangat.

Masker Madu

Cara menghilangkan jerawat batu dengan bahan alami lainnya, Anda bisa menggunakan madu sebagai masker wajah. Madu yang mengandung antiseptic ini mampu membunuh bakteri pada jerawat batu.

Selain itu, madu yang Anda gunakan sebagai masker bisa menghilangkan bekas luka. Caranya, Anda hanya perlu menggunakannya sebagai masker wajah dan lakukan 2 sampai 3 dalam dalam seminggu.

Baking soda

Baking soda ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat kue. Namun, bahan ini bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Anca cukup mencampurkan baking soda dengan air sedikit saja, lalu aduk hingga baking soda berubah menjadi pasta.

Selanjutnya Anda tinggal mengoleskan pasta kental dari baking soda tersebut pada bagian yang berjerawat. Cukup diamkan selama 15 menit, setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air dingin. Jangan lupa untuk melakukan cara menghilangkan jerawat batu dengan baking soda ini setiap hari sampai jerawat benar-benar hilang.

Jeruk nipis

Jeruk nipis terkenal karena berbagai manfaatnya, salah satunya ternyata jeruk nipis bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Anda cuku menyiapkan jeruk nipis secukupnya. Lalu belah jadi dua bagian dan peras dengan menggunakan saringan.

Air perasan jeruk nipis ini bisa Anda oleskan langsung ke wajah. Setelah itu, cukup diamkan selama 10 menit saja, lalu Anda bisa mencucinya dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin untuk mengatasi jerawat batu yang menjengkelkan.  

Lidah buaya

Lidah buaya dikenal karena kandungan gelnya yang baik untuk merawat rambut. Namun ternyata lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara mengobati jerawat batu. Pertama, Anda bisa mengupas kulit lidah buata dan ambil bagian gelnya.

Gel lidah buaya tersebut bisa Anda haluskan untuk kemudian jadikan sebagai masker. Anda diamkan sampai mengering di kulit Anda selama kurang lebih 15 menit. Basuh wajah Anda dengan air bersih. Cara ini bisa Anda lakukan dengan rutin setiap malam untuk menghilangkan jerawat batu secara alami.

Bawang putih

Cara menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih, Anda bisa menumbuknya sampai halus atau bisa juga memblender bawang putih tersebut hingga halus.

Pertama untuk menumbuknya Anda memerlukan 3 siung bawang putih. Kupas terlebih dahulu kulitnya, lalu Anda bisa menumbuknya sampai halus. Hasil tumbukan tersebut letakkan pada bagian wajah berjerawat. Biarkan selama 10 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

Kedua, jika Anda ingin memblendernya, maka ambil 2 sampai 4 siung bawang putih, kupas kulitnya, baru kemudian blender bawang putih tersebut, jangan lupa tambahkan sedikit air. Setelah halus, Anda bisa menempelkannya tipis-tipis pada wajah yang dihuni jerawat batu. Setelah itu, biarkan selama 10 sampai 20 menit sebelum kemudian mencucinya dengan air bersih.  

Kentang

Kentang yang kaya akan karbohidrat ini ternyata berguna juga sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Kupas kentang terlebih dahulu, lalu potong  dan haluskan dengan blender.

Anda bisa mengoleskan kentang yang sudah diblender ini pada wajah yang berjerawat, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Bilaslah dengan air bersih setelahnya. Lakukan cara ini setidaknya dua kali seminggu, tentunya untuk hasil yang maksimal.

Kunyit

Kunyit si bumbu dapur ini bisa digunakan juga untuk menghilangkan jerawat batu. Cara menghilangkan jerawat batu dengan kunyit ini, Anda perlu mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan minyak wijen 2 atau 3 sendok saja.

Lalu oleskan campuran kunyit dan minyak wijen ini ke seluruh bagian kulit yang berjerawat. Sebelum membilasnya dengan air besih, diamkan dulu beberapa saat. Cara ini bisa Anda lakukan minimal dua kali dalam satu minggu agar efektif dan sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Cuka apel

Cara menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan cuka apel, Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu. Lalu siapkan cuka apel cukup 2 sendok makan saja. Kemudian oleskan cuka apel pada bagian tubuh yang penuh dengan jerawat batu. Biarkan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Tunggulah sampai mengering. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

Lemon

Jerawat batu ini umumnya meninggalkan bekas yang dapat membuat Anda kurang percaya diri. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan mencampukan lemon dengan madu atau Anda bisa menggantinya dengan air mawar sebelum dibalurkan ke wajah yang berjerawat.

Pertama Anda potong lemon terlebih dahulu hingga menjadi dua bagian, peras leon hingga airnya keluar, lalu tambahkan dengan madu atau pun bisa juga dengan air mawar secukupnya. Setelah itu gunakan kapas untuk mengoleskan campuran air perasan lemon ini pada bagian wajah yang berjerawat.

Anda cukup mendiamkannya beberapa saat saja sebelum membilasnya dengan air bersih. Gunakan perasan lemon ini hanya untuk menghilangkan bekas jerawat, bukan langsung untuk mengeringkan jerawat yang meradang.

Itulah cara menghilangkan jerawat batu yang mudah untuk dipraktikkan. Selain cara-cara tersebut, Anda juga perlu mengetahui penyebab munculnya jerawat batu.

Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Ada beberapa penyebab munculnya jerawat batu, baik di wajah maupun di bagian tubuh lainnya. Diantaranya karena faktor genetik hingga gaya hidup tak sehat yang bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat batu. Berikut penjelasannya seperti dirangkum HR Online dari berbagai sumber:

Kulit Berminyak sebagai Faktor Genetik

Jerawat batu bisa tumbuh karena faktor genetik. Jika orang tua anda memiliki wajah berminyak dan sering tumbuh jerawat batu, bisa jadi jerawat batu yang muncul di wajah Anda pun karena factor genetic, alias karena factor keturunan.

Jerawat batu memang rentan muncul pada kulit berminyak, karena itu akan sangat mudah untuk tumbuh jerawat batu jika Anda punya kulit berminyak. Kulit berminyak ditambah factor genetic yang memudahkan tumbuhnya jerawat batu, maka Anda perlu membersihkan wajah secara rutin, agar terhindar dari kotoran dan juga minyak yang bisa memicu tumbuhnya jerawat batu.

Jerawat Batu Tumbuh karena Penggunaan Kosmetik

Ada bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik yang justru bisa memicu timbulnya jerawat batu. Apalagi jika kulit Anda termasuk tipe kulit sensitif, dengan kosmetik yang tidak terlalu cocok bagi kulit Anda, justru akan memperparah kondisi kulit wajah, termasuk salah satunya timbul jerawat batu.

Penggunaan make up seharian apalagi cukup tebal di wajah Anda perlu segera dibersihkan. Apabila dibiarkan cukup lama di wajah Anda, maka hal ini dapat memicu tumbuhnya jerawat batu, akibat tersumbatnya pori-pori wajah oleh kosmetik tebal yang Anda pakai. Selain itu, kosmetik dengan kandungan minyak yang berlebihan juga bisa menyebabkan munculnya jerawat batu di wajah Anda.

Faktor Hormonal Penyebab Jerawat Batu

Remaja yang ada dalam masa pubertas bisa umumnya memproduksi hormone penyebab jerawat, yakni hormone androgennya yang meningkat. Hormon ini akan menyebabkan kulit memproduksi sebum atau kelenjar minyak yang lebih banyak, akibatnya tentu saja muncul jerawat batu.

Selain pada masa pubertas, wanita yang sedang menstruasi juga hormone androgennya akan menigkat, sehingga produksi sebum juga akan meningkat.

Begitupun, wanita yang rutin mengonsumsi pil KB, atau dalam masa kehamilan, dan juga dalam keadaan stres berat dapat memicu produksi minyak yang berlebihan, akibat hormon yang tidak stabil. Perubahan hormone tersebut rupanya bisa jadi penyebab munculnya jerawat batu.

Pertumbuhan Sel Kulit Tidak Normal

Penyebab jerawat batu selanjutnya adalah pertumbuhan sel kulit yang tidak normal ketika terjadi proses regenerasi sel. Adanya sel-sel kulit mati yang tidak beregenerasi dengan cepat ini akhirnya bisa menumpuk dalam folikel rambut, nantinya bisa bercampur dengan bakteri penyebab jerawat batu.

Gaya Hidup Tidak Sehat Memicu Timbulnya Jerawat Batu

Gaya hidup yang tidak sehat rupanya berpengaruh pada timbulnya jerawat batu. Misalnya, jika Anda suka merokok, minum-minuman beralkohol, ataupun mengkonsumsi makanan penyebab jerawat terus menerus, kurang minum air putih dan kurangnya beristirahat, semua itu bisa jadi pemicu timbulnya jerawat batu.

Misalnya jika Anda merokok maka pembuluh di kulit akan menyempit, hal ini tentunya dapat  merusak sel-sel kulit. Jika sel kulit Anda kemudian rusak, maka akibatnya adanya penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori tersebut, akan menimbulkan jerawat batu.

Begitupun dengan makanan yang pedas, berminyak, ataupun junk food dan makanan bersantan akan kulit memproduksi kelenjar minyak lebih banyak dari biasanya, pada akhirnya kondisi ini memicu munculnya jerawat batu.

Selain itu, jika Anda kurang istirahat, hal ini akan menghambat regenerasi sel pada kulit, akibatnya memperburuk kondisi kulit. Lalu juka Anda punya kebiasaan buruk seperti mengusap atau menggaruk wajah dengan tangan kotor, maka hal ini pun bisa memicu timbulnya jerawat batu.

Itulah penyebab timbulnya jerawat batu. Seperti dijelaskan sebelumnya, tidak semua orang mengobati jerawat dengan pergi ke dokter atau pun menggunakan obat-obat berbahan kimia tinggi. Karena ternyata ada cara menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat juga gampang untuk dipraktikkan. Selamat Mencoba. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...