Cara Merawat Rambut Alami dengan Minyak Kelapa

cara merawat rambut alami
Cara merawat rambut alami dengan minyak kelapa. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),Berbagai masalah rambut bisa diatasi dengan minyak kelapa. Selintas seperti mitos, namun ternyata minyak kelapa memang bisa digunakan sebagai salah satu cara merawat rambut alami.

Pernahkan Anda mendengar minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk membasmi kutu? Hal ini bukannya tanpa sebab, minyak kelapa terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Misalnya, minyak kelapa dapat digunakan untuk melawan bakteri, membersihkan make up, hingga bisa digunakan untuk perawatan rambut agar sehat dan tebal.

Khusus sebagai cara merawat rambut alami, berikut manfaat minyak kelapa seperti dirangkum HR Online dari berbagai sumber:

Menghilangkan Kutu dengan Minyak Kelapa

Jika rambut Anda dipenuhi dengan kutu, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke seluruh kulit kepala dan juga rambut, dari mulai ujung rambut hingga ke akar rambut. Cara ini dilakukan sebagai langkah awal untuk membasmi kutu.

Setelah selesai, pastikan Anda membilasnya dengan cuka sari apel. Cuka sari apel ini berguna untuk membunuh telur kutu yang ada di rambut.

Minyak Kelapa untuk Menumbuhkan rambut

Minyak kelapa dapat membantu menumbuhkan rambut hingga lebih tebal dan lebih kuat. Vitamin maupun asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa mampu membantu menyehatkan kulit kepala.

Minyak kelapa juga bisa menembus kutikula rambut. Karena itu disarankan untuk menggunakan minyak kelapa sebagai masker perawatan rambut satu kali dalam satu minggu atau dua minggu. Durasi pemakaian masker minyak kelapa pada rambut ini cukup 5 sampai 10 menit saja.

Dengan memasukkan minyak kelapa sebagai cara merawat rambut alami mampu menciptakan lingkungan yang optimal untuk menumbuhkan rambut. Pasalnya, vitamin dan asam lemak esensial dalam minyak kelapa akan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut, yang pada akhirnya akan mempercepat pertumbuhan rambut.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Melembapkan rambut

Bahan kimiawi yang terdapat pada sampo yang Anda gunakan untuk membersihkan rambut pada kadar tertentu justru dapat meluruhkan minyak alami dari rambut. Karena itu, jika Anda merasa rambut Anda cukup kering bahkan rusak, maka minyak kelapa ini dapat digunakan sebagai salah satu cara merawat rambut alami.

Balurkan minyak kelapa dari ujung rambut ke ujung rambut lainnya, sebelum Anda keramas atau mencuci rambut Anda dengan sampo. Hal ini dapat mencegah sampo mengeluarkan minyak dari rambut Anda.

Minyak Kelapa Mampu Mencegah Kerusakan Akibat Pewarnaan Rambut

Rupanya banyak para stylish rambut yang merekomendasikan kliennya untuk menaruh sedikit minyak kelapa sebelum rambutnya di-highlight atau sebelum mengubah warna rambut, hal ini katanya dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat bleaching.

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Rambut Bercabang dan Kusut

Jika Anda ingin merapikan rambut yang bercabang, Anda tak perlu lagi pergi ke salon. Anda cukup mengatasinya dengan menggunakan minyak kelapa. Sayangnya cara merawat rambut alami dengan minyak kelapa untuk mengatasi rambut bercabang ini bukan suatu solusi permanen.

Minyak kelapa hanya akan membantu menghaluskan kutikula di ujung rambut Anda yang pecah-pecah, sehingga rambut Anda tidak lagi terlihat kusut pada ujungnya. Minyak kelapa akan membantu mengatasi rambut kusut karena ujung yang bercabang.

Bahkan disebutkan, minyak kelapa juga akan menjaga kelembaban rambut sehingga tidak kering. Pasalnya, jika rambut Anda kurang kelembabannya atau bahkan kering, nantinya bisa berakibat pada ujung rambut yang bercabang. Karena itu usapkan minyak kelapa pada bagian paling kering dari rambut Anda.

Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa

Jika Anda mempunyai masalah dengan ketombe pada rambut Anda, maka Anda bisa menggunakan minyak kelapa pada kulit kepala Anda, cukup lima menit saja. Setelah itu lanjutkan dengan keramas. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka ketombe akan berkurang.

Beberapa ahli rambut bahkan mengatakan, jika mengoleskan minyak kelapa pada rambut Anda mampu mengembalikan kesehatan kulit kepala dan juga akan mengurangi pengelupasan.

Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut Sementara

Banyak ahli rambut yang merekomendasikan minyak kelapa untuk perawatan sementara saat cuaca sedang panas-panasnya. Konon panas matahari akan membuka kutikula dan minyak kelapa akan menembus rambut Anda.

Kandungan dalam minyak kelapa merupakan pelindung alami yang bisa menyelamatkan rambut Anda, bahkan lebih. Selain itu minyak kelapa juga melindungi rambut agar tidak mengering atau bahkan menjadi rapuh karena air garam dan klorin.

Itulah cara merawat rambut alami dengan menggunakan minyak kelapa. Sangat komplit untuk mengatasi berbagai masalah rambut mulai dari kutu hingga ketombe. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...