Cegah Massa ke Jakarta, Polres Ciamis Gelar Razia

Cegah massa ke Jakarta
kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso saat memberikan pemahaman razia dalam rangka cipta kondisi pada penumpang bus, Selasa (21/5/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Polres Ciamis menggelar razia dalam rangka cipta kondisi menghadapi 22 Mei sampai 25 Mei 2019. Razia untuk cegah massa ke Jakarta tersebut dilakukan dengan pemeriksaan sejumlah kendaraan yang melintas di Jalan Ciamis-Banjar tepatnya di gapura Selamat Datang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, pada Selasa siang (21/5/2019).

Sejumlah petugas gabungan dari Polres Ciamis yang dibantu TNI dari Kodim 0613 Ciamis dan Armed 04 Cimahi mencegat bus, mobil boks dan juga kendaraan pribadi yang melintas.

Petugas gabungan juga memeriksa surat-surat kendaraan lengkap. Mereka juga menyisir bagian bagasi. Sementara untuk mobil boks barang muatan yang diangkut dipantau juga oleh para petugas.

Petugas dari kepolisian juga masuk ke dalam bus, tujuannya untuk memberikan pemahaman pada penumpang tentang maksud dari razia tersebut. Usai diberikan pemahaman, para petugas mengecek barang bawaan setiap penumpang. Mereka juga ditanya alamat dan tujuan oleh petugas.

“Sampai saat ini belum ditemukan mobilitas massa yang berangkat ke Jakarta. Kalaupun misalnya kami menemukan massa yang akan ke Jakarta, akan kami imbau untuk kembali saja. Bulan suci Ramadan sebaiknya diisi dengan kegiatan ibadah saja,” terang Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso.

AKBP Bismo juga mengatakan, sasaran razia tersebut adalah senjata tajam, senjata api dan juga bahan peledak serta barang berbahaya lainnya, seperti miras dan juga narkoba. 

“Razia kali ini terutama dalam rangka menjaga kondusivitas di bulan Ramadan serta menjelang operasi Ketupat, lebaran nanti,” kata AKBP Bismo. 

Selain razia hari ini, Polres Ciamis juga melakukan razia pada Senin malam (20/5/2019). Tujuannya untuk penyekatan massa aksi 22 Mei 2019. Setidaknya 4 lokasi jadi sasaran razia untuk cegah massa ke Jakarta, yakni batas kota Ciamis-Cijeungjing, Simpang Empat Cihaurbeuti atau tepat di perbatasan Tasikmalaya.

Sementara di wilayah Ciamis utara penyekatan dilakukan di depan Mako Polsek Panawangan. Lokasi razia keempat dilakukan di simpang tiga Sindangkasih yang masih berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya.

Salah seorang penumpang Bus jurusan Yogya – Tasikmalaya mengaatakan selama perjalanan, bus yang ditumpanginya telah tiga kali dihentikan Polisi selama perjalanan.

Penumpang yang enggan disebut namanya tersebut juga mengatakan Polisi telah memeriksa barang bawaannya sebanyak tiga kali juga selama ia menempuh perjalanan dari Yogyakarta menuju Ciamis.

“Sudah tiga kali diperiksa Polisi, tadi dua kali diperiksa polisi di wilayah Jawa Tengah. Padahal sekali saja rasanya sudah cukup, karena yang diperiksanya juga masih di dalam bus,” ujar laki-laki yang mengaku warga Imbanagara, Ciamis tersebut. (Her2/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA