Cerita Mistis Dibalik Sejumlah Kecelakaan di Tanjakan Cibeka Ciamis

cerita mistis di tanjakan cibeka
Tanjakan Cibeka Ciamis yang dikenal ekstrim. Sejumlah kecelakaan banyak terjadi di tanjakan yang ada di Desa Karang Kamulyan, Desa Cijeungjing, Kabupaten Ciamis ini. Foto: Heri/HR

Selain ekstrim, berkembang berbagai cerita mistis di Tanjakan Cibeka Ciamis.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tanjakan Cibeka yang ada di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis merupakan salah satu tanjakan ekstrim yang ada di Jalur mudik Selatan Ciamis. Jalur Selatan Ciamis ini banyak dilewati pemudik yang menuju Jawa Tengah atau sebaliknya dari Jawa Tengah menuju Jawa Barat.

Bukan cuma ekstrimnya, Tanjakan yang diberi nama Cibeka lantaran ada di Dusun Cibeka ini, juga dikenal dengan sejumlah cerita mistis yang berkembang dari mulut ke mulut. Sebagian dari cerita mistis di Tanjakan Cibeka tersebut, misalnya, penyeberang misterius sampai pengemudi yang mengaku melihat jalan yang tertutup gunung.

Dishub Kabupaten Ciamis mencatat setidaknyada ada 10 sampai 15 kecelakaan terjadi setiap tahunnya di Tanjakan Cibeka ini. Dari mulai kendaraan yang terjun ke jurang di sisi Tanjakan Cibeka, hingga terguling karena tidak kuat saat menanjak. Korban rata-rata berasal dari luar daerah yang belum tahu tentang ekstrimnya tanjakan ini.

“Rumah saya ada di pinggir jalan, kalau ada yang kecelakaan pasti tahu dan berusaha membantu. Kebanyakan kecelakaan di sini kalau korban jiwa yang meninggal sedikit, namaun kerugian materinya cukup besar karena mobil banyaknya masuk jurang,” ujar Susilawati, salah satu warga Dusun Cibeka, saat ditemui di sekitar Tanjakan ekstrim ini, Sabtu (25/5/2019)

Dari keterangan Susilawati diperoleh informasi mengenai cerita mistis di Tanjakan Cibeka tersebut, salah satunya rata-rata korban kecelakaan di Tanjakan ini mengaku melihat sosok makhluk layaknya bayangan yang menyeberang jalan secara tiba-tiba.

“Pengemudi kan jadi kaget, lalu banting setir akhirnya kendaraannya terjun ke jurang atau ada juga yang masuk ke parit,” terang Susilawati.  

Umumnya kecelakaan tunggal di Tanjakan Cibeka ini terjadi saat dini hari menjelang Subuh. Minimnya penerangan dan rusaknya pembatas jalan diterangarai jadi penyebab banyaknya kecelakaan pada dini hari di Tanjakan Cibeka.

“Memang sering ada kejadian mistis di Tanjakan Cibeka, misal warga juga sering lihat ada sosok hitam di sekitar tanjakan ini. Beberapa waktu lalu di tanjakan ini sering terjadi kecelakaan saat ada pohon beringin di sini yang dipindahkan,” ungkapnya.

Selain sosok makhluk misterius yang tiba-tiba muncul dan seolah-olah akan menyeberang tersebut, sejumlah korban juga bercerita ketika melintas di tanjakan ini sering timbul ilusi. Mereka mengaku melihat Jalan seperti terhalang oleh gunung besar. Akibatnya kendaraan yang seharusnya lurus kemudian malah berbelok dan akhirnya terjun ke jurang.

“Jadi ada juga korban kecelakaan di tanjakan ini yang sempat cerita, katanya melihat gunung yang menghalangi jalan, jadi mereka terus mengikuti jalan seperti melingkari gunung, yang tadinya lurus tapi akhirnya belok karena melingkari gunung tapi malah terjun ke bawah (jurang),” katanya.

Tentu saja benar atau tidaknya cerita mistis di Tanjakan Cibeka tersebut jadi salah satu penyebab kecelakaan, semuanya tergantung kepercayaan masing-masing. Namun, faktanya kecelakaan banyak terjadi di tanjakan ekstrim yang ada di Jalur Selatan Ciamis ini.

M. Abdul Haris, Kepala Desa Karangkamulyan membenarkan adanya cerita mistis di tanjakan itu yang berkembang di kalangan masyarakat. Namun, kata dia, yang terpenting dan harus diperhatikan oleh pengemudi saat melintas di tanjakan tersebut adalah pengemudi mesti ada dalam kondisi prima.

“Jadi memang tanjakan ini cukup ekstrim, dari tanjakan langsung menikung begitupun saat menurun juga jalannya menikung. Seandainya sopir itu lelah atau ngantuk penglihatan juga akan pudar, sehingga bisa saja si pengemudi ini melihat hal yang aneh, seperti misalnya melihat ada yang menyeberang atau seperti ada gunung yang menghalangi jalan,” kata dia.

Karena itu, Haris menyarankan bagi para pengemudi, sebelum masuk wilayah Cijeungjing di jalur mudik selatan Ciamis ini, jika merasa lelah sebaiknya beristirahat dulu di perkotaan Ciamis. Tujuannya agar saat di tanjakan Cibeka bisa lebih berkonsentrasi saat membawa kendaraan.

“Usahakan istirahat dulu. Dan yang terpenting adalah berdoa, supaya selamat sampai tujuan, itu yang paling ampuh agar terhindar dari musibah,” pungkasnya. (Her2/R7/HR-Online)

Loading...