Di Pasar Subuh Ciamis, Harga Daging Ayam Broiler Fluktuatif

Pasar Subuh Ciamis
Ilustrasi ayam broiler. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pedagang ayam di Pasar Subuh Ciamis mengungkapkan, harga daging ayam broiler di awal Bulan Puasa kali ini masih mengalami naik turun. Namun, jika dibandingkan dengan awal tahun 2019, harga daging ayam broiler masih terbilang murah.

Wawan, pedagang ayam, Senin (06/05/2019), menuturkan, saat ini harga daging ayam broiler berada di kisaran Rp. 40 ribu perkilogram. Jika dibandingkan awal pembukaan tahun 2019 yang mencapai Rp. 43-44 ribu perkilogram, harganya tentu lebih murah.

“Sekarang memang ada kenaikan sekitar Rp 2.000 dibandingkan awal Bulan Mei, yang hanya Rp 38 ribu per kilorgam. Meski ada kenaikan harga, tapi omset penjualan juga mengalami kenaikan,” katanya.

Diakui Wawan, siklus harga penjualan daging ayam broiler selama Bulan Puasa biasanya fluktuatif (naik-turun). Awal puasa harganya naik, kemudian turun di pertengahan bulan, dan kembali naik pada saat menjelang lebaran.

“Tapi pada kondisi tertentu, kenaikan harga bisa dua kali terjadi dalam sehari. Sebagai pedagang, saya tidak ingin pelanggan kabur. Makanya, memilih mengurangi sedikit keuntungan ketimbang langsung menaikkan harga,” katanya.

Senada dengan itu, Ida, pedagang daging ayam di Pasar Subuh Ciamis, menuturkan, awal Bulan Puasa kali ini ada kenaikan penjualan sekitar 15 sampai 20 persen dibandingkan penjualan di hari-hari biasa. 

Sejak permintaan meningkat, Ida pun menambah jumlah ayam yang dipotong. Sekarang, Ida mengaku harus menyediakan rata-rata sekitar 100 kilogram. Jumlah itu lebih banyak jika dibandingkan persediaan pada hari biasa. 

“Harga sekarang masih bertahan di kisaran Rp.40 ribu perkilogram. Saya tidak tahu sampai kapan ini akan bertahan. Soalnya tergantung juga dari bandar,” katanya. (Fahmi/Koran HR)