Es Campur Legendaris Khas Ciamis Diburu Warga Jelang Berbuka Puasa

es campur legendaris khas Ciamis
Yamin, menantu H. Edi saat meracik Es Campur legendaris khas Ciamis. Selasa (21/5/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Keberadaan Es Campur Legendaris Khas Ciamis banyak diburu warga saat menjelang berbuka puasa. Jika Anda melewati kawasan Swadaya Ciamis maka Anda akan menemukan es campur yang banyak direkomendasikan ini, namanya Es Sirop H. Edi.  

Lapak Es Sirop H. Edi akan dipenuhi warga yang berburu takjil setiap sorenya. Salah satu alasannya, es campur legendaris khas Ciamis ini berusaha mempertahankan cita rasanya semenjak tahun 80-an.

Beragam kuliner modern banyak bermunculan, namun Es Sirop H. Edi masih dicari masyarakat. Rasa manis dan segarnya es campur ini rupanya sudah melekat di lidah masyarakat Ciamis. Maka, tak heran jika sampai saat ini es campur ini masih tetap bertahan.

Es Sirop H. Edi seperti es campur pada umumnya disajikan dalam sebuah mangkuk, komposisinya pun  tak jauh berbeda dengan es campur lainnya. Campuran buah alpukat, kolang kaling, kelapa, tomat, dan buah lainnya bersatu dalam semangkuk es campur legendaris khas Ciamis ini.

Perbedaanya, es campur ini dilengkapi dengan rasa manis segar dari tape ketan. Campuran tape ketan dalam semangkuk es campur inilah yang menjadi ciri khasnya. Semangkuk es campur khas Ciamis ini dihargai dengan Rp. 12 ribu.

Ciri khas lainnya, adalah sirup merah yang manis dicampur dengan sirup hijau dengan rasa manis seikit masam menambah kesegaran es campur H. Edi. Sirup yang menjadi bahan dasar es campur ini diracik sendiri oleh H. Edi.  

Resep dan cara pembuatannya tidak berubah dari dulu hingga sekarang. Es campur ini bahkan diklaim bebas dari pemanis buatan dan tentunya juga bahan kimia.

Mencoba es campur legendaris khas Ciamis ini saat berbuka puasa, Anda akan merasakan rasa manis dingin langsung pada suapan pertama yang meresap di mulut. Lalu campuran buah-buahannya membuat dahaga di tenggorokan pun langsung hilang setelah menahan haus seharian.

“Es Sirop ini sudah berdiri sejak tahun 80-an, Alhamdulillah sampai sekarang masih bertahan. Dulu dijaga oleh bapak (H. Edi), sekarang giliran saya, bapak sendiri ada di rumah,” ujar Yamin, menantu H. Edi saat ditemui di kawasan Swadaya, Selasa sore (21/5/2019).

Yamin mengatakan, Sirop H. Edi banyak dicari oleh pegawai negeri, karyawan swasta bahkan pejabat di Ciamis. Dirinya sangat beryukur karena Es Sirop H. Edi banyak diterima semua kalangan di Ciamis termasuk masyarakat biasa.

“Sebetulnya rasanya sama saja dengan sirop es campur lainnya di Ciamis, tapi memang rasanyai Sirop ini bisa diterima semua kalangan masyarakat. Kalau hari biasa kami buka dari siang. Namun, saat bulan puasa, sore baru kami buka,” ungkapnya.

Salah satu pelanggan Es Sirop H. Edi, Ratih, mengaku sudah kenal dengan es campur legendaris khas Ciamis ini dari kecil. Orang tuanya sering membawanya membeli es Sirop H. Edi. Ia pun sudah jadi langganan sejak duduk di bangku Aliyah sampai sekarang.  

“Dulu kan waktu kecil sering dibawa kesini oleh orang tua, terus ketika sekolah di Aliyah coba-coba lagi ke sini, ternyata rasanya masih sama, tidak berubah sama sekali. Jadinya sampai sekarang kalau nyari menu takjil seringnya ke sirop H Edi,” katanya. (Her2/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA