Falakiyah NU Pantau Hilal di Pangandaran dari Pelataran Cafe Hotel

hilal di Pangandaran
Ru'yat hilal di Pangandaran dilakukan Falakiyah NU di Cafe Madys Gelato, Hotel Horison Palma Pangandaran. Minggu (5/5/2019). Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com) – Falakiyah Nahdhatul Ulama (NU) bersama dengan RMI melaksanakan ru’yat hilal di Pangandaran, pada Minggu (5/5/2019) mulai pukul 15.00 WIB. Ru’yat hilal ini dilakukan di Café Mady’s Gelato, Hotel Horison Palma Pangandaran.

Ru’yat sendiri merupakan aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak. Ru’yat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Ru’yat umumnya dilakukan setelah matahari terbenam.

Adapun kriteria penentuan awal bulan (kalender) Hijriyah dengan meru’yat (mengamati) hilal secara langsung. Apabila hilal (bulan sabit) tidak terlihat atau gagal terlihat, maka bulan (kalender) berjalan digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari.

Ketua PCNU Kabupaten Pangandaran KH. Fauzan Aziz Muslim mengatakan, PCNU Pangandaran bekerjasama dengan lembaga Falakiyah PCNU Tasikmalaya melaksanakan ruhyatul hilal di Pangandaran yang bertempat di Hotel Horison Palma Pangandaran.

“Kita dari tim melakukan pemantauan secara live dan melaporkan langsung ke PBNU, awalnya cuaca cerah di Pangandaran tetapi detik akhir ada awan hitam yang masih utuh, sehingga belum terlihat hilal ketika dikonfirmasi di titik yang ditunjuk Kemenag di Banjar sama belum terlihat,” jelas K.H Fauzan Aziz Muslim saat dikonfirmasi via telpon selulernya, Minggu (5/5/2019).

Lebih lanjut Kyai Fauzan menambahkan, dari dua titik, pihaknya sementara menyimpulkan belum bisa melihat ruhyatul hilal karena ada awan hitam tebal, selanjutnya pihaknya menunggu sidang isbat dari Pemerintah pusat, mengingat 102 titik di seluruh Indonesia juga akan dipantau.

“Walaupun misalnya kita sudah melihat ruhyatul hilal di Pangandaran, tetap kita akan menunggu hasil sidang Isbat dari pemerintah pusat, dan Alhmdulillah sidang Isbat memutuskan besok mulai 1 Ramadhan 1440 hijriyah,” pungkas Kyai Fauzan Aziz Muslim.

Sementara Sales Executive Hotel Horison Palma Pangandaran, Dindin mengatakan, Café Madys Gelato Horison Palma Pangandaran adalah salah satu fasilitas Hotel yang mampu menampung sekitar 80 seat, dilengkapi Sky Walk dan view yang langsung menghadap ke Pantai Barat.

“Dalam aktivitas pengamatan Ru’yat, Café Madys Gelato sangat ideal untuk mengakomodir kegiatan Ru’yat tersebut,” kata Dindin pada HR Online, Minggu (5/5/2019).

Menurut Dindin, pihaknya berharap Hotel Horison Palma Pangandaran bisa menginspirasi karena telah ikut andil dan peduli dalam kegiatan keagamaan di Kabupaten Pangandaran dan lingkungan sekitar.

“Pelaksanaan ru’yat yang kami fasilitasi merupakan wujud kepedulian tersebut, kami mengharapkan apa yang menjadi tujuan dalam kegiatan ini, bisa berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan,” pungkas Dindin. (Madlani/R7/HR-Online)