Dampak Gaya Hidup Modern Tingkatkan Risiko Diabetes

Dampak Gaya Hidup Modern Tingkatkan Risiko Diabetes. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Dampak gaya hidup modern sangat berkaitan dengan penyakit diabetes. Hal itu seiring dengan perkembangan zaman yang semakin bergerak cepat, sehingga tuntutan untuk semakin giat bekerja harus dilakukan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (04/05/2019), gaya hidup modern berkaitan dengan pola hidup yang juga ikut berubah. Seperti dikatakan dokter spesialis penyakit dalam, Bhanu, bahwa para pekerja pada umumnya tidak lagi menyantap makanan yang bergizi, ditambah aktivitas fisiknya yang tidak baik.

“Pasti banyak pekerja yang makannya di pinggiran sekitar kantor, atau kalau ada acara rapat dan makanannya juga tidak terkontrol. Selain secara asupan sudah tak terlalu diatur, pada pekerja tersebut juga semakin jarang beraktivitas fisik. Karena pekerja kan biasanya seharian duduk di kursi. Inilah yang membuat risiko terkena diabetes semakin besar,” jelasnya.

Guna menyiasati dampak dari gaya hidup modern terhadap meningkatnya risiko diabetes, dokter Bhanu memberikan tips mudahnya agar penyakit tersebut dapat dicegah dan resikonya dikurangi. Menurutnya, salah satu cara mudah adalah dengan membawa bekal makan dari rumah.

Mungkin sejumlah orang akan merasa kesulitan mendengar saran ini, namun dokter Bhanu menegaskan bahwa tidak akan ada kesulitan untuk menerapkan tips tersebut.

Pasalnya, membawa bekal makanan dari rumah justru lebih mudah, lantaran sudah dipersiapkan secara umum dengan proses memasak yang sebentar, bahannya pun sangat mudah ditemukan di pasaran. Selain itu, juga bisa diatur sendiri asupan makanannya.

“Untuk yang memiliki diabetes, makanan yang baik dikonsumsi yang indeks glikemiknya rendah, seperti roti gandum, kacang-kacangan, atau buah-buahan. Dengan begitu tentunya sangat mudah dan praktis mengatur asupan sendiri,” jelasnya.

Selain itu, juga harus aktif bergerak, khususnya bagi mereka yang tidak punya waktu untuk menyiapkan bekal jadi harus makan di luar. Menurut dokter Bhanu, dalam hal menjaga kesehatan tubuh adalah dengan sistem “balas dendam”.

Contohnya setelah makan es krim, maka harus menggantinya dengan aktivitas fisik seperti jalan kaki selama 10 menit supaya tubuh tetap sehat, meskipun diisi yang manis.

Jika aktivitas fisik dianggap kurang memungkinkan dilakukan di lingkungan kerja, maka bisa disiasatinya dengan  berjalan kaki ke kantor. Dalam hal ini, turun dari kendaraan umum lebih jauh sedikit supaya tetap ada aktivitas fisik.

Itulah tips menyiasati dampak dari gaya hidup modern yang sangat berkaitan dengan penyakit diabetes. Selamat mencoba! (Eva/R3/HR-Online)

Loading...