Hebat, SMPN 1 Pangandaran Kembangkan Aplikasi Khusus Ujian

Siswa saat mengerjakan ulangan kelas menggunakan handphone. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- SMPN 1 Pangandaran sudah menggunakan sebuah aplikasi berbasis android untuk ulangan harian maupun penilaian Akhir Tahun (PAT). Aplikasi buatan tim IT sekolah tersebut pun bisa disejajarkan dengan aplikasi yang biasa digunakan oleh sekolah di kota besar yang ada di Indonesia.

Kepala SMPN 1 Pangandaran, Dodi Budiana, mengatakan, penggunaan aplikasi yang bernama smart tersebut hampir 90 persen digunakan oleh siswa di sekolahnya itu. Selain mempermudah, juga dapat meminimalisir penggunaan kertas.

“Ini diciptakan oleh tim IT dari sekolah sini yang terdiri dari guru-guru di sini. Aplikasi ini bisa digunakan sekolah lain, tapi harus terhubung dulu ke server sekolah ini. Jadi, harus ada sepengetahuan tim IT-nya agar mendapatkan user dan paswordnya,” kata Dodi, Selasa (21/05/2019).

Kelebihan aplikasi ini, lanjut Dodi, adalah bisa berjalan ketika ulangan dimulai atau ujian sedang berlangsung. Saat digunakan, secara otomatis aplikasi lainnya tidak akan berjalan. Sehingga dengan begitu sangat meminimalisir kecurangan dalam menjawab soal yang disediakan.

“Tentu saja ini sangat simple dan praktis. Jadi aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusi dari penggunaan kertas seperti biasanya,” pungkas Dodi. (Mad/Koran HR)