Harga HP Xiaomi Redmi 7 Jelang Lebaran

Dibekali Snapdragon 632, Ini Harga HP Xiaomi Redmi 7 Jelang Lebaran. Photo : Istimewa.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Xiaomi Redmi 7, ponsel murah harga Rp 1 jutaan meramaikan pasar ponsel entry-level di Indonesia sejak diluncurkan bulan April 2019 lalu di Jakarta. Perangkat ini diposisikan di bawah Xiaomi Redmi Note 7 yang sudah lebih dulu meluncur.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/05/2019), dari ukuran layar, Redmi 7 dibekali layar 6,26 inci, desain ini mirip dengan layar Redmi Note 7 yang sama-sama menggunakan dot drop atau takik menyerupai tetesan air. Di dalam takik itu tertumpu kamera tunggal beresolusi 8 MP.

Beralih ke bagian punggung/belakang, cangkang Xiaomi Redmi 7 menggunakan bahan polikarbonat yang dipoles dengan warna gradasi.

Di bagian atasnya terpatri modul kamera ganda yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.2) depth sensor. Resolusi kameranya memang terbilang kecil dibanding dengan kompetitor di kelasnya.

Menurut Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi, hal itu tidak menjadi masalah, karena sensor kamera Redmi 7 memiliki piksel berukuran 1,25 mikron.

Ukuran tersebut lebih besar dibanding ukuran piksel pada sensor kamera ponsel pesaing yang disebut hanya 1,12 mikron. Semakin besar ukuran piksel maka semakin baik gambar yang dihasilkan.

Bukan hanya modul kamera, di bagian tengah punggung juga terpatri panel pemindai sidik jari, dan di balik cangkang Redmi 7 terbenam baterai berkapasitas 4.000 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 6 jam 30 menit, dengan memiliki tingkat kecerahan layar serta jaringan 3G yang maksimal.

Kemudian, pada bagian bawah ponsel terdapat deretan lubang speaker yang berjajar serta colokan microUSB 2.0. Sedangkan, di bagian sisi atas terdapat jack audio 3,5 mm dan sensor IR Blaster yang menjadi andalan Xioami.

Di sektor dapur pacu, ponsel ini ditenagai chip Snapdragon 632 dengan octa-core CPU 1,8 GHz. Redmi 7 dklaim mendapatkan skor 53,172 poin dalam uji skor benchmark AnTuTu. Perangkat ini akan menawarkan pengalaman gaming yang lebih lancar dibanding kompetitor di kelasnya.

Sementara, untuk software, Xiaomi Redmi 7 sudah berjalan dengan sistem operasi Android 9 yang dilapisi antarmuka MIUI 10. Di pasar Indonesia hanya tersedia dua varian, yakni 2 GB/16 GB dan 3 GB/ 32 GB.

Tapi jangan khawatir, pengguna bisa memperluas kapasitas memori internalnya dengan microSD hingga 512 GB di slot khusus (dedicated). Selain itu, vendor smartphone asal China itu menyediakan juga dua slot kartu SIM.

Redmi 7 menawarkan tiga pilihan warna yang dapat dipilih, yakni Lunar Red dengan gradiasi merah dan hitam, Comet Blue yang mengombinasikan warna biru dan hitam, serta varian Eclipse Black.

Di Indonesia, ponsel ini dijual seharga Rp 1.599.000 untuk varian memori 2GB/16GB, dan untuk memori RAM 3GB/32GB dijual seharga Rp 1.899.000.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 7

Xiaomi Redmi 7 tampak depan dan belakang. Photo : Istimewa.

Untuk dapur pacunya, perangkat ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 632 yang dipadukan dengan dua pilihan RAM serta memori internal, yakni varian RAM 2GB dan memori internal 16GB, serta varian RAM 3GB dengan memori internal 32GB.

Qualcomm sendiri menempatkan Snapdragon 632 untuk ponsel kelas menengah. Chipset ini menggantikan Snapdragon 625 yang dulu sempat menjadi favorit sejumlah smartphone kelas menengah.

Snapdragon 632 sendiri adalah versi ekonomis dari 636. Jika membandingkan Snapdragon 632 dengan 636 dan 625, maka kinerja Snapdragon 632 lebih besar 40 persen dari Snapdragon 625.

Melihat dari tampilannya, Redmi 7 memiliki layar 6,26 inci yang sudah dilapisi dengan Corning Gorila Glass 5, dan telah beresolusi HD+ lengkap dengan notch kecil di bagian atasnya, seperti halnya ponsel kekinian lainnya.

Kemudian, untuk kamera, Xiaomi membekali perangkat ini dengan kamera selfie 8 MP yang telah dilengkapi dengan AI Beautyfi 4.0. Sementara kamera utamanya menggunakan sensor 12 MP serta 2 MP yang sudah didukung oleh LED flash.

Selanjutnya dari segi keamanan, ponsel ini dibekali AI Face Unlock dan sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian punggung ponsel.

Selain itu, juga dibekali dengan fitur universal remote untuk lebih dari empat ribu perangkat elektronik serta peralatan rumah tangga. Bahkan, perangkat ini juga dibekali dengan fitur bawaan pemutar radio.

Xiaomi Redmi 7 tersedia dalam tiga pilihan warna yang meliputi comet blue, eclipse black, dan lunar red. Dengan warna-warna yang mencolok ini membuat Redmi 7 sangat cocok digunakan oleh kamu yang memiliki jiwa muda. (Eva/R3/HR-Online)