HP Vivo V11; Sebelum Membeli Cek Keunggulan dan Kekurangannya di Sini

HP Vivo V11. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- HP Vivo V11 pertama kali datang ke Indonesia pada bulan November 2018 lalu. Smartphone kelas mid-range ini meski sudah lama di Tanah Air tetap diburu oleh konsumen, karena dengan harga yang tidak terlalu mahal, namun spesifikasinya sangat mumpuni.

Mengutip dari situs resmi Vivo Indonesia, untuk di pasar Indonesia, V11 harganya tersedia dalam tiga pilihan, antara lain RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB dijual Rp 3.499,000, RAM 4 GB/128 GB dibanderol Rp 3.599,000 dan RAM 6 G/64 GB seharga Rp 3.999,000.

Dengan harga yang ramah di kantong tapi spek yang bisa diacungi jempol ini, tentu siapa yang tidak tertarik dengan V11. Meski begitu, sebaiknya cari dulu referensi apa saja keunggulan dan kelemahan dari smartphone besutan Vivo ini.

Nah, merangkum dari bebagai sumber, berikut ini ulasan keunggulan dan kelemahan HP Vivo V11.

Keunggulan

Bentang layar dari HP Vivo V11 berukuran 6,3 inci dengan resolusi 1.080 x 2.280 piksel Full HD+ (full high definition plus). Untuk layarnya bertipe LTPS Capacitive Touch Screen /incell, dan kerapatannya 400 piksel per inci, sehingga warnanya terlihat sangat alami, dan enak untuk dilihat.

Sementara aspek rasio mencapai 19:9 atau 90,4 persen dari layar ke bodi ponsel. Dengan ukuran layar yang begitu lebar tentu sangat nyaman ketika dipakai, terlebih meski dipakai di luar ruanga, namun layarnya tetap terlihat.

Keunggulan lainnya yaitu terletak pada dapur pacunya yang dipersenjatai dengan chipset Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm), dengan prosesor Octa-core berkecepatan 2.0 GHz, serta grafis Mali-G72 MP3.

Dengan otaknya yang memakai Helio P60, maka selain performa yang tangguh, juga bisa membuat smartphone ini menjadi hemat baterai.

Selanjutnya kelebihan dari sektor kamera terutama bagina depan. Ya, untuk para penggemar selfie, HP Vivi V11 bisa menjadi andalan. Karena dibekali dengan lensa depan 25 MP, dengan aperture atau bukaan lensa f/2.0.

Sedangkan kamera belakang atau utama ditanamkan dual lensa, masing-masing  16 MP (f/2.0) dan 5 MP. Untuk kamera depan disimpan di tenga-tengah waterdrop notch, sementara tersusun secara vertikal.

Seperti sudah dibahas di atas, bahwa HP Vivo V11 tersedia dalam dua pilihan untuk RAM dan internal memeri. Masing-masing RAM berkapasitas 4 GB dan 6 GB, serta penyimpanan internal 64 dan 128 GB.

Tentu dengan besaran RAM serta internal memori tersebut dapat dikatakan smartphone ini masuk dalam ponsel kekinian. Dan jika dirasa penyimpanan internal kurang besar, Anda bisa menambahkannya dengan menggunakan slot microSD mencapai 256 GB.

Kemudian daya baterai yang tidak terlalu besar atau kecil hanya 3315 mAh. Tapi ponsel ini didukung dengan fitur fast charging 18W, sehingga bisa mengisi ulang daya baterai dengan cepat dengan aman.

Kekurangan

Meski dikatakan smartphone kelas mid-range, tapi HP Vivo V11 tidak didukung dengan sertifikat yang tahan terhadap debu atau air.

Kemudian dibagian layarnya juga tidak diberi protector atau pelindung. Jika smartphone dari Xiaomi atau lainnya model sekarang didukung dengan corning gorilla glass, namun yang ini tidak ada sama sekali.

Sehingga untuk Anda yang baru saja membeli ponsel besutan vendor China ini sebaiknya langsung diberi pelindung layar anti gores.

Selanjutnya, meski di bodinya terbuat dari material kaca serta diberi warna yang begitu menggoda, tapi yang sangat disayangkan adalah bagian frame-nya berbahan material plastik, sehingga saat digenggam akan licin.

Tapi nilai plusnya adalah disetiap sudutnya di buat melengkung 3D, sehingga tetap nyaman dipakai.

Kekurangan lainnya dari HP Vivo V11 yaitu tidak didukung dengan USB tipe C. Padahal, smartphone model sekarang kebanyakan sudah memakai USB tipe C. (Adi/R5/HR-Online)