Bupati Herdiat Lunasi Janji Kampanye, Insentif RT/RW di Ciamis Naik Rp. 1 Juta

Insentif RT/RW di Ciamis
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya bersama istri, saat pencoblosan Pilkada 2018 lalu. Foto: Dokumentasi HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melunasi janji kampanyenya untuk menaikkan insentif 11.570 Ketua RT dan RW di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Insentif tahunan menjelang Hari Raya Lebaran yang semula sebesar Rp. 500 ribu kini menjadi Rp. 1 juta. Insentif RT/RW di Ciamis tersebut akan dicairkan hari ini, Senin (27/5/2019).

Tak tanggung-tanggung, Pemkab Ciamis menggelontorkan dana sekitar Rp. 11 Miliar lebih untuk penambahan insentif Ketua RT dan RW yang dinaikkan sesuai kebijakan Bupati Herdiat tersebut.

“Insentif untuk Ketua RT dan RW selalu ada setiap tahunnya, biasanya dibagikan pada bulan Mei atau Juni. Sudah dua tahun terakhir insentif RT/RW ini dibagikan menjelang lebaran. Jadi bisa dimanfaatkan oleh para Ketua RT/RW untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran tiba,” ujar Lili Romli, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis.

Sementara Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan dirinya membuat kebijakan untuk menaikkan insentif Ketua RT dan RW tahun 2019 tersebut karena menyadari RT/RW merupakan ujung tombak Pemerintahan Kabupaten Ciamis, sehingga menurutnya sangat pantas apabila mereka mendapatkan kenaikan insentif.

“Kami sadar betul bahwa ketua RT/RW di Ciamis adalah kepanjangtanganan pemerintah. Merekalah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tentunya tugasnya pun lebih berat, yakni membantu jalannya pemerintahan juga menyosialisasikan program-program pemerintah,” kata Bupati Herdiat.

Bupati Herdiat juga menuturkan jika kenaikan tersebut sebenarnya tak seberapa, apabila dibandingkan dengan pengabdian para Ketua RT/RW selama ini. Namun, dengan kebijakan untuk menaikkan insentif Ketua RT/RW di Ciamis tersebut, ia berharap dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Harapannya dengan kenaikan insentif RT/RW di Ciamis ini dapat jadi motivasi untuk terus meningkatkan peran di masyarakat, untuk melayani masyarakat dan salah satunya juga membantu meringankan tugas perangkat dan Kepala Desa,” pungkasnya.

Kebijakan Bupati Herdiat ini disambut baik oleh para Ketua RT dan RW di Ciamis. Salah satunya datang dari Ketua RT 03 RW 06 Dusun Majalaya, Desa Imbanagara Raya, Ciamis.

“Insentif tahun ini ada kenaikan dari tadinya hanya Rp 500 ribu jadi Rp 1 juta. Terima kasih kepada Pemkab Ciamis yang telah memperhatikan kami, para Ketua RT dan RW. Alhamdulillah ada untuk belanja keperluan lebaran,” ujarnya.

Ia juga berharap perhatian dari Pemkab Ciamis tersebut terus ditingkatkan. Misalnya dengan pemberian insentif tidak hanya satu tahun sekali, namun bisa satu bulan sekali. Karena menurutnya sebagai ujung tombak pemerintahan, RT/RW di Ciamis butuh perhatian, salah satunya masalah kesejahteraan.

“Kenaikan insentif ini mudah-mudahan jadi motivasi bagi kami RT/RW dalam mengemban tugas kemasyarakatan,” pungkasnya. (Her2/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA