Khasiat Buah Dzuriat untuk Promil & Kesehatan

Khasiat Buah Dzuriat
Buah dzuriat yang sudah dibelah dan siap untuk direbus. Foto: Muhafid/HR

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Memiliki keturunan menjadi dambaan hampir semua orang yang sudah menikah. Namun bagi yang belum dikaruniai anak, jangan putus asa. Pasalnya, masih banyak jalan untuk ikhtiar, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan ajaib dari timur tengah. Khasiat buah dzuriat yang merupakan tumbuhan yang hanya ada di timur tengah ini sesuai dengan namanya yang berarti keturunan.

Di timur tengah, buah ini sangat dikenal dengan sebutan Buah Adam, Buah Hawa serta Buah Doum. Selain tumbuh di wilayah Makkah dan Madinah, buah ini juga tumbuh subur di wilyah Mesir, Sudan serta negara di sekitarnya.

Sebelum Anda mengetahui lebih jauh, buah ini memiliki ciri-ciri bentuk yang hampir seukuran dengan manggis dan warnanya seperti halnya sawo. Jika dilihat dari asal muasalnya, apabila dari Madinah memiliki warna coklat tua dan beroma seperti kopi. Biasanya ini menjadi buruan para jamaah haji atau umroh sebagai oleh-oleh.

Buah Dzuriat Madinah
Ciri-ciri buah dzuriat dari Makkah dan Madinah yang berwarna coklat tua. Foto: Muhafid/HR

Adapun yang berasal dari Mesir, Sudan dan sekitarnya, buah ini memiliki ciri warga yang coklat muda dan beraroma seperti sarang lebah yang lumayan menyengat rasa manisnya ketika diseduh.

Buah Dzuriat
Ciri buah dzuriat asal Mesir, Sudan dan negara sekitarnya yang warnanya coklat muda. Foto: Net/Ist

Jika dilihat dari segi fisik, buah ini sangat kuat, apalagi jika sudah tua. Sebelum dikonsumsi, buah ini harus dibelah terlebih dahulu menggunakan golok yang dipukul menggunakan palu. Jika tidak demikian, Anda akan kesulitan untuk mengetahui dalamnya. Dari bagian kulit sangat keras, begitu juga bijinya yang mirip kelapa mini.

Cara Mengkonsumsi Buah Doum

Manfaat buah doum di antaranya sangat baik sekali bagi pasangan yang sedang menjalankan program kehamilan (promil). Hanya dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dan usaha, harapan mendapatkan buah hati dapat terwujud.

Metode mengkonsumsi buah ini memang cukup variatif, namun yang paling umum di Indonesia dengan cara dibelah menjadi beberapa bagian untuk direbus. Ada juga yang menjual buah ini sudah menjadi bubuk, jadi tinggal dicampur air hangat seperti hanya menyeduh teh atau kopi.

Teknisnya, jika dengan cara merebusnya, Anda perlu membelahnya menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. Siapkan sekitar 6 gelap air putih untuk direbus bersama buahnya. Tunggu sampai mendidih hingga airnya berkurang menjadi 2 gelas. Minumlah rebusan ini saat masih hangat bersama pasangan, baiknya sebelum tidur dan dilakukan selama 40 hari berturut. Sedangkan buahnya bisa direbus lagi sampai beberapa kali hingga warna airnya bening.

Selain baik untuk promil, buah ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti halnya untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Cara mengkonsumsinya untuk penyakit ini cukup berbeda, yakni mengkonsumsi buahnya yang masih mentah. Diketahui, apabila buah ini masih mentah akan terasa lebih kenyal dan bisa dimakan langsung, berbeda dengan yang sudah matang yang kondisinya keras sekali.

Kemudian, manfaat lainnya dari buah ini adalah mampu mencegah serta mengatasi strees. Kandungan dalam buah ini seperti antioksidan phytochemical, igning, hydroxycinnamates, flavonoid dan kumarin memiliki kemampuan mengatasi masalah strees aksidatif. Jadi, buah doum ini sangat cocok sekali bagi Anda yang sering mengalami strees seperti ini.

Jika Anda masih bingung mencari ke mana buah ini, Anda bisa mencarinya di market place atau toko online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia serta lainnya. Biasanya di pasaran untuk satu buah harganya Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu, atau juga ditimbang per kilogram.

Sebagai salah satu acara agar lebih hemat, Anda bisa membelinya buah yang kembar. Biasanya, Anda juga akan diberikan bonus berupa testpack untuk menguji kehamilan. Demikian beberapa khasiat buah dzuriat untuk promil dan kesehatan tubuh. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA