Kondisnya Rusak Parah, Bendungan di Ciamis Minta Segera Diperbaiki

Salah satu bendungan di Ciamis yang rusak
Bendungan/ Dawuan Ciwadori yang berada di Blok Bojong, Desa Cipaku, Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, kondisnya rusak parah. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bendungan/ Dawuan Ciwadori yang berada di Blok Bojong, Desa Cipaku, Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, kondisnya rusak parah. Di bendungan ini banyak terjadi kebocoran dan pendangkalan akibat sedimentasi.

Ironisnya, kondisi itu sudah berlangsung lama dan terkesan dibiarkan begitu saja. Petani meminta Pemerintah Kabupaten Ciamis agar Dawuan Ciwadori beserta saluran irigasinya mendapat anggaran untuk perbaikan.

Ili, petani setempat, ketika dimintai tanggapan oleh Koran HR, Selasa (14/05/2019), mengatakan, air yang bersumber dari Dawuan Ciwadori yang berada di Blok Bojong  dapat memasok air untuk kebutuhan para petani di wilayah Dusun Babakan.

Di saat musim penghujan, kata Ili, memang pasokan air cukup normal. Namun, di musim kemarau, terkadang para petani penggarap sawah sulit untuk mendapatkan pasokan air. Hal itu terjadi lantaran Dawuan Ciwadori tidak bisa menampung air dengan sempurna.

“Sebab tembokan di bagian bangunan bendungan sudah banyak yang bocor. Ditambah lagi saluran irigasinya banyak yang rombeng,” katanya.

Agar di musim kemarau pasokan air tetap berjalan normal, Ili berharap agar Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat menggelontarkan bantuan dana untuk memperbaikinya.

Dedi, warga sekitar, ketika ditemui Koran HR, Selasa (14/05/2019), membenarkan, Dawuan Ciwadori keberadaannya sudah sangat mengkhawatirkan. Selain dangkal tertutup sedimen, sudah banyak terjadi kebocoran.

Menurut Dedi, air lumpur dan unsur hara dari tanah tidak lagi terserap oleh akar–akar pohon. Lumpur dan unsur hara terbawa air hujan dan masuk ke dalam sungai. Akibatnya, sungai menjadi dangkal, dan keseimbangan ekosistem sungai menjadi terganggu.

Lanjut, Dedi, sebelum tertutup sedimen, kedalaman Dawuan Ciwadori mencapai 1 meter. Namun, setelah tertutup sedimen, air yang ada paling setinggi lutut saja.

Senada dengan itu, Kepala Desa Cipaku, Juhana, tidak menyangkal kondisi Dawuan Ciwadori yang kini sangat memprihatinkan. Menurut dia, dua dawuan atau bendungan di Sungai Ciwadori perlu diperbaiki.

“Kami berharap pemerintah segera memperbaiki Dawuan Ciwadori,” katanya. (Dji/Koran HR)