Lakukan Pungli, 2 Pegawai Disdukcapil Ciamis Kena OTT Polda Jabar

Disdukcapil Ciamis Kena OTT
Polisi saat meminta keterangan kepada pelaku pungli di Disdukcapil Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dua orang oknum honorer di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis berhasil tertangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilaksanakan jajaran Kepolisian dari Polda Jabar bersama Polres Ciamis, Rabu (15/05/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelaku yang berinisial M dan S tersebut melakukan pungli pengurusan e-KTP guna persyaratan Paspor untuk naik haji.

Kasat Reskrim Polres Ciamis, AKP Hendra Virmanto, mengatakan, pihaknya membenarkan OTT tersebut dilakukan di Disdukcapil Ciamis dan berhasil menangkap dua orang pelaku yang berstatus tenaga honorer.

“Benar dua oknum tersebut melakukan pungli untuk kepengurusan E-KTP guna persyaratan paspor untuk naik haji,” terangnya.

Hendra menambahkan, pelaku berhasil terkena OTT oleh Cyber Pungli dari Polda Jabar yang bekerjasama dengan Polres Ciamis. Saat ini, kata Hendra, pelaku tengah diperiksa oleh Polda dan nanti hasilnya akan dilaporkan ke Polres Ciamis untuk ditindaklanjuti.

Masih kata Hendra, pelaku diketahui meminta kompensasi terhadap korban yang mana kebetulan E-KTP korban hilang. “Pelaku meminta uang Rp 100 ribu per KTP. Saat ini kita tengah menghitung total kerugiannya,” pungkas Hendra. (R6/HR-Online)