Manuk Londo Khas Ciamis, Kuliner Hits untuk Buka Puasa

Manuk Londo Khas Ciamis
Malon cacag salah satu varian menu Manuk Londo khas Ciamis yang disajikan di Rumah Makan Cobek Beti. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Jika Anda mendambakan daging lembut bak ayam sayur tapi dengan rasa gurih khas ayam kampung untuk berbuka puasa, Anda perlu mempertimbangkan daging yang satu ini: Manuk Londo khas Ciamis.

Olahan masakan Manuk Londo sebenarnya cukup populer di beberapa rumah makan di kawasan Jawa Tengah. Manuk Londo juga banyak disajikan sebagai menu andalan di beberapa hotel di Jogyakarta. Namun, di sana menu olahan masakan Manuk Londo ini dibanderol dengan harga tinggi, sekitar Rp. 50 ribu ke atas.

Di Kabupaten Ciamis, Anda bisa menemukan sajian masakan Manuk Londo hanya dengan harga Rp. 25 ribu satu porsi. Anda hanya perlu datang ke Rumah Makan Cobek Beti yang cabangnya banyak tersebar di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, hingga Kabupaten Pangandaran.

Rumah makan Cobek Beti adalah rumah makan pioner yang pertama mempopulerkan Manuk Londo di Ciamis. Cobek Beti menamakannya dengan Malon, singkatan dari Manuk Londo itu sendiri. Kuliner yang satu ini cukup hits di Ciamis.

Rara Agustin, salah satu owner Cobek Beti mengatakan, tak kurang dari 1.000 Malon bisa terjual dalam satu hari saja. Malon memang jadi menu andalan di Rumah Makan khas Sunda ini. 

“Ada beragam menu Malon yang kami sajikan, mulai dari Malon Goreng, Malon Bakar, Malon Penyert, hingga Malon Cacag, semuanya kami sajikan dengan sensasi pedas yang unik,” kata gadis lajang yang baru terpilih sebagai anggota termuda DPRD Kabupaten Pangandaran ini.

Lebih lanjut Rara menjelaskan, Manuk Londo dalam Bahasa Indonesia berarti ‘burung bule’. Pasalnya, unggas yang satu ini merupakan hasil persilangan antara burung puyuh local Indonesia denegan burung puyuh asal Perancis. Namanya pun dikenal juga dengan French Quail.

“Persilangan yang dilakukan tujuannya untuk meningkatkan performa burung puyuh local, makanya Malon ini dagingnya bisa lebih banyak, bila dibandingkan burung puyuh local biasa,” terangnya.

Menurut Rara, sudah pernah ada penelitian di laboratorium pangan Universitas Gajah Mada (UGM). Dari penelitian itu, kata Rara, terungkap daging Malon memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan bebek maupun itik.

“Kandungan gizi dan vitamin seperti folat, Vitamin B Komplek hingga Vitamin E dalam Malon ini berguna untuk kesehatan. Bahkan dipercaya juga memiliki khasiat untuk meningkatkan stamina tubuh, melancarkan peredaran darah hingga untuk anak-anak mampu menambah daya ingat,” katanya.

Selain itu, kata Rara, Malon juga rendah kolesterol sehingga cocok dikonsumsi siapa saja. “Termasuk yang takut gendut, maupun yang sedang diet, Malon ini aman dikonsumsi karena rendah kolesterol,” ujarnya.

Sementara Bagus Awang Darmawan, owner Cobek Beti yang juga kakak dari Rara Agustin, mengatakan, Manuk Londo Khas Ciamis berbeda dengan Manuk Londo di tempat lainnya. Salah satunya dari segi harga. Jika di tempat lain Malon dijual per porsi dengan harga Rp. 40 ribu sampai Rp. 50 ribu, maka di Cobek Beti satu porsi menu Malon dibanderol dengan harga Rp. 25 ribu saja.

“Lalu Manuk Londo di Cobek Beti lebih mendahulukan konsep bumbu rempah tradisional Indonesia, seperti kunyit, ketumbar dan lain-lainnya sehingga rasa yang ditawarkan lebih meng-Indonesia,”  terangnya.

Jika di tempat lain, varian menu Malon lebih banyak, namun Malon disajikan dengan khas western atau ala-ala Barat. Maka, Manuk Londo Khas Ciamis di Cobek Beti, kata Bagus, lebih mengedepankan cita rasa Indonesia, terutama karena diolah dengan olahan masakan Sunda.

“Pembelian terbanyak untuk Manuk Londo di Cobek Beti itu menu Malon Penyet, itu yang banyak dipesan,” katanya.

Jika Anda berniat berbuka puasa di salah satu Rumah Makan Cobek Beti mungkin Anda perlu memesan tempat terlebih dahulu, pasalnya, pada hari-hari biasa rumah makan yang satu ini dikenal selalu penuh pengunjung, apalagi saat bulan Ramadan.

Selain Manuk Londo khas Ciamis, Cobek Beti juga menyajikan berbagai menu khas Sunda lainnya. Foto: Net/Ist.

Selain Manuk Londo Khas Ciamis, di Cobek Beti juga tersedia menu lainnya. Kelebihan lainnya, berbagai menu masakan khas Sunda yang disajikan di sini, dilengkapi dengan lalaban khas Sunda yang salah satunya berasal dari tanaman hidroponik bebas kimia, jadi dijamin lebih sehat.

Masih bingung berbuka puasa di mana? Pastikan Anda tetap berbuka puasa dengan makanan sehat ya. Manuk Londo Khas Ciamis sajian menu Rumah Makan Cobek Beti ini bisa jadi pilihan menu makanan sehat untuk berbuka puasa. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA