Begini Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami dan Cepat

Begini Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami dan Cepat. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi kaum wanita, menggunakan make up mwnjadi cara mengecilkan pori-pori wajah dan menjaga agar pori-pori tetap sehat, seperti foundation, face mist, dan lainnya.

Pasalnya, pori-pori yang besar akan membuat wajah rentan terhadap paparan zat berbahaya maupun polusi lainnya. Selain itu, juga bisa membuat polesan make up di wajah tampak tidak merata.

Namun, produk tersebut rupanya belum mampu menjadi solusi untuk dijadikan cara mengecilkan pori-pori wajah, sehingga kamu perlu memastikannya apakah pori-pori sudah bersih dan sehat atau belum.

Untuk mengecilkan pori-pori wajah, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang mampu membersihkan kotoran, bakteri, dan sisa kotoran pada pori, serta mampu menyeimbangan pH wajah.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (09/05/2019), berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori wajah;

Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat anti bakteri yang mampu membersihkan bakteri dan sisa kotoran pada pori, serta mampu menyeimbangkan pH wajah. Cuka apel mengandung asam alpha-hidroxy yang mempercepat penggantian sel kulit.

Selain itu, bahan alami ini juga mampu mengurangi kerutan serta mengecilkan pori. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, campurkan 2 sdm cuka apel dengan 10 sdm air.

Selanjutnya, tuangkan campuran tersebut ke dalam botol spray dan gunakan campuran ini sebagai toner setelah membersihkan wajah.

Jangan lupa lanjutkan dengan memakai pelembap. Namun, jika ingin wajah kamu terasa lebih segar dan pori-porinya jadi mengecil, semprotkan face mist kapanpun kamu mau.

Es Batu

Untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat digunakan sebagai cara instan mengecilkan pori.

Caranya pun mudah, ambil es batu dari freezer, bungkus dengan sapu tangan atau handuk wajah, oleskan pada wajah. Lakukan selama 15 menit supaya pori-pori wajah mengecil.

Madu

Madu merupakan pelembap alami yang mengandung banyak anti oksidan. Kandungan tersebut mampu mencerahkan kulit wajah sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan 1 sdm madu, lalu oleskan ke wajah. Kemudian, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Minyak Zaitun

Kandungan zat linoleic acid dalam minyak zaitun bisa membantu menjaga kadar air pada kulit wajah agar tidak muncul keriput di usia dini.

Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan anti-oksidan atau disebut polifenol yang bisa membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah penggunaan minyak zaitun merupakan salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah yang efektif.

Caranya, campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu. Lalu gunakan sebagai masker wajah.

Air Rendaman Beras

Jangan buang airnya saat kamu mencuci beras hendak menanak nasi. Beras mengandung asam ferullic dan allantoin yang dapat melindungi kulit dan pori-pori wajah.

Caranya, rendam beras dalam wadah, biarkan air beras mengendap. Selanjutnya, gunakan endapan air beras untuk masker wajah alami.

Teh Hijau

Kandungan zat anti oksidan dalam daun teh dapat menangkal radikal bebas pada wajah sekaligus mengangkat sel kulit mati. Sehingga, kulit bisa beregenerasi secara cepat dan mampu mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu pori-pori di wajah akan mengecil.

Kamu bisa menggunakan daun teh hijau segar sebagai masker wajah. Caranya, rendam daun tersebut selama 15 menit lalu oleskan air ke wajah.

Bila menggunakan bubuk teh hijau, campurkan air dengan 1 sdm bubuk teh hijau sampai berbentuk pasta. Kemudian, oleskan capuran tersebut pada wajah.

Jeruk Nipis

Selain mengandung banyak anti oksidan dan vitamin C, jeruk nipis juga berfungsi membantu kulit supaya terhindar dari jerawat, mengatasi minyak berlebih, mencerahkan wajah, dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya, belah buah jeruk nipis jadi dua bagian, kemudian peras airnya dan oleskan pada wajah air perasan jeruk nipis. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah menggunakan bahan alami secara permanen, dan tentunya aman. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...