Mr P Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya dan Obat Alami untuk Mengatasinya

Mr P Gatal. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Sangat mengganggu jika ‘barang milik pribadi’ atau Mr P gatal. Apalagi pada saat sedang berada di tempat kerja, pasti akan malu atau ‘mati kutu’ jika ketahuan sedang menggaruk alat vital miliknya. Namun jika tidak digaruk tidak kuat menahan rasa gatal tersebut.

Lantas apa penyebabnya sehingga di sekitar organ vital pria timbul rasa gatal? Dijelaskan Evan Rieder, seorang dokter kulit dari NYU Langone Dermatology Associates, Amerika Serikat, rasa gatal tersebut diakibatkan karena adanya infeksi di kulit sekiar Mr P atau daerah selangkangan.

Sementara dikutip dari Men’s Health, gatal pada Mr P disebabkan karena anatomi eksternal pada pangkal paha. Selain itu, parahnya lagi adanya gesekan serta kondisi yang lembab.

Selangkangan sendiri merupakan tempat tumbuh berkembanganya berbagai macam jenis jamur. Hal itu diperparah lagi dengan lembabnya daerah selangkangan baik itu habis mandi yang tidak bersih menyeka air mandi atau keringat berlebih.

Penyebab lainnya Mr P gatal yaitu mengindap penyakit diabetes. Orang yang terkena diabetes biasanya kelebihan gula yang keluar melalui keringat, yang dijadikan bahan makanan bagi jamur.

Bukan hanya itu, gatal yang ditandai dengan adanya serpihan bersisik atau ruam merah, juga bisa karena diakibatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh sedang menurun. Sehingga dengan turunnya imun tubuh besar kemungkinan kulit akan terkena infeksi.

Menurut Radusky, walaupun ruam tersebut bisa muncul di pangkal Mr P, namun bokong dan paha juga dapat terkena imbasnya. Dan apabila tidak segera ditangani, maka serpihan bersisik itu dapat meluas ke daerah selangkangan, dan mengeluarkan bau yang tak enak.

Lantas bagaimana cara menanganinya? Untuk mengurangi kelembaban di daerah selangkangan cukup mudah yaitu dengan memakai bedak, atau salep yang bisa ‘membunuh’ jamur.

Namun Radusky menyarankan, jika memakai salep sebaiknya hindari salep yang ada minyaknya serta menambah kelembaban. Karena salep tersebut bukannya membuat sembuh, malah sebaliknya menjadi lebih parah.

Akan tetapi, jika cara mudah di atas dalam beberapa minggu ruam tetap tidak hilang atau malah bertambah penyebarannya dan ada rasa sakit, sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis kulit.

Cara mudah lainnya untuk mencegah Mr P gatal, setelah mandi atau olahraga sebaiknya keringkan daerah tersebut menggunakan kain atau handuk yang halus dan bersih.

Atau saat berolahraga sebaiknya memakai pakaian yang longgar, karena dengan pakaian yang ketat malah daerah sekitar Mr P akan menjadi panas dan tentu akan cepat dan banyak mengeluarkan keringat, sehingga besar kemungkinan mempengaruhi terkena infeksi.

Saran lainnya, untuk mencegah agar jamur tidak sampai ke atas yang bisa membuat area Mr P terasa gatal, maka sebaiknya saat akan mengenakan celan dalam disarankan memakai kaus kaki terlebih dulu.

Lalu bagaimana cara mengatasi Mr P gatal tersebut? Dikutip dari NAIJ, Anda bisa memanfaatkan bahan alamai yang ada di dapur atau kulkas sebagai pertolongan pertama sebelum konsultasi ke dokter spesialis.

# Garam

Biasanya garam hanya berguna untuk menambah cita rasa masakan saja. Namun dibalik itu, garam ternyata mengandung mengandung anti-bakteri, sehingga mampu menyingkirkan jamur yang ada di kulit dengan permanen.

Caranya, sebelum mandi ambil dua genggam garam kemudian campurkan dengan air untuk mandi. Catatan, jangan menambahkan zat adiktif lainnya

# Bawang bombay

Cara mengobati Mr P gatal lainnya dengan menggunakan bawang bombay. Bawang yang satu ini mempunyai sifat antibitok, anti jamur serta anti peradangan atau anti-inflamasi. Sehingga bumbu dapur sangat efektif untuk membunuh jamur yang tumbuh di area sekitar Mr P.

Caranya, tumbuh bawang bombay sampai halus seperti pasta. Kemudian oleskan bawang yang halus ini ke daerah yang terasa gatal. Diamkan kurang lebih 30 menit, setelah itu cuci dengan air hangat.

# Madu

Obat alami lainnya untuk mengatasi Mr P gatal adalah madu, yang juga memiliki sifat anti jamur dan anti septik. Cukup dengan mengoleskan madu di daerah yang gatal. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA