Mudik Gratis ke Ciamis, Pemprov DKI Jakarta Sediakan 15 Bus dan 7 Truk

Mudik gratis ke Ciamis
Mudik Gratis ke Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), – Sebanyak 15 bus dan 7 truk disediakan Pemprov DKI Jakarta sebagai angkutan mudik gratis ke Ciamis. Ramadan 2019 ini untuk pertama kalinya warga perantauan Ciamis di Jakarta mendapat fasilitas mudik gratis dari Pemprov DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, Jakarta memberi kesempatan untuk warga Ciamis mudik dengan angkutan gratis yang disediakan Dishub. Ini pertama kalinya Ciamis kebagian mudik gratis, terutama untuk warga yang merantau di Jakarta dan akan mudik ke Ciamis,” ujar Endang Sutrisna, Plt Kepala Dinas Perhubungan Ciamis pada HR Online, Kamis (9/5/2019).

Menurut Endang, Pemrov DKI Jakarta menyediakan 15 Bus dan 7 Truk untuk angkutan kendaraan mudik gratis. Informasi mengenai mudik gratis tersebut, kata Endang, bisa dilihat melalui website mudikgratis.jakarta.go.id.

“Untuk info lebih lanjut dan untuk mendaftarkan diri, warga Ciamis bisa mengakses langsung ke website mudik gratis,” katanya.

Eddy Yulianto, Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis menambahkan, selain pendaftaran melalui website, pendaftaran mudik gratis juga bisa dilakukan langsung ke Dishub Provinsi DKI Jakarta, Sudin Dishub Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur.

“Mudik gratis dari Jakarta ini akan dilaksanakan serentak pada 30 Mei 2019. Kesempatan ini harus dimanfaatkan warga perantauan Ciamis yang sekarang ada di Jakarta,” ujar Eddy.

Eddy juga mengatakan, bukan cuma mudik saja yang disediakan angkutan gratis, namun ada juga balik gratis ke Jakarta bagi warga Ciamis pada 8 Juni 2019. Sayangnya, kata Eddy, jumlah armada yang disediakan untuk balik gratis lebih sedikit. 

“Kerjasama mudik gratis dengan Dishub DKI Jakarta ini tujuannya untuk menekan angka pemudik yang menggunakan sepeda motor, dimana resiko kecelakaan akan lebih tinggi jika mudik menggunakan sepeda motor saat lebaran nanti,” katanya.

Eddy juga menjelaskan, untuk peserta mudik gratis yang memiliki sepeda motor, maka orangnya diangkut menggunakan bus, sementara kendaraannya atau sepeda motornya diangkut dengan menggunakan truk.

“Nanti kalau sudah sampai di Ciamis, motor bisa diambil, tujuan akhirnya itu sampai Terminal Ciamis, biar mudiknya nyama dan selamat, ” pungkasnya.

Dari pantauan HR Online melalui website Jakarta Mudik, tersedia 16.578 kursi penumpang bus dan 5.560 sepeda motor yang akan diangkut secara gratis dengan menggunakan truk. Sementara kuota yang sudah terpakai untuk penumpang 13.176, sementara untuk motor sudah terpakai 570. Sehingga sisa kuota yang masih tersedia 3402 untuk penumpang dan 4.990 untuk sepeda motor.

Selain warga yang ingin mudik gratis ke Ciamis, Angkutan mudik yang disediakan Pemprov DKI Jakarta tersebut diperuntukkan juga untuk warga Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Yogyakarta, dan Jombang yang sedang merantau di Jakarta. (Her2/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA