Ngabuburit di Ciamis, Bermain Sambil Belajar Tata Tertib Berlalu Lintas

ngabuburit di Ciamis
Anak-anak bermain ular tangga 'tertib lalu lintas' saat ngabuburit di Alun-alun Ciamis, Sabtu (11/5/2019). Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Ada yang berbeda ketika ngabuburit di Ciamis, Sabtu (11/5/2019). Pasalnya, ada acara bermain dan belajar tata tertib lalu lintas yang digagas oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis bersama komunitas Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ) Ciamis.

Puluhan anak-anak usia dini dan Sekolah Dasar diberikan pemahaman mengenai tertib dan selamat berlalu lintas. Terlihat sejumlah anak-anak begitu antusias dalam mengikuti instruksi yang diberikan oleh anggota komunitas pelajar pelopor keselamatan.

Berbagai permainan interaktif seperti ular tangga yang berisi pertanyaan seputar rambu-rambu lalu lintas juga diikuti oleh anak-anak dengan semangat. Beberapa anak-anak yang berhasil menyelesaikan tantangan ular tangga tersebut, berhak mendapatkan hadiah atau souvenir yang telah disediakan sebagai kenang-kenangan.

“Dishub kali ini menggandeng para pelajar dari komunitas pelajar pelopor keselamatan, yang tergabung dari beberapa sekolah. Kegiatan ini mereka lakukan secara sukarela dengan memberi edukasi tertib lalu lintas,” ujar Endang Sutrisna, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis.

Sementara Eddy Yulianto, sekretaris Dishub Ciamis berharap anak-anak bisa mengerti pentingnya tertib lalu lintas. Hal tersebut akan diingat oleh anak-anak hingga dewasa, sehingga nantinya mereka bisa menerapkannya saat berkendara.

“Sejak usia dini sudah diberi pengetahuan dan mengerti, lalu ketika dewasa mau berkendara sudah paham tata cara dan rambu berlalu lintas. Sehingga nantinya kecelakaan karena lalainya pengemudi bisa dicegah,” terang Eddy.

Selain menyasar anak-anak, kata Eddy, kegiatan ngabuburit tersebut juga sasarannya adalah orang tua. Menurutnya, para orang tua yang sedang bersama anak-anaknya di Alun-alun secara tidak langsung ikut memahami tentang tertib lalu lintas. dan mau mengimplementasikannya dalam berkendara setiap hari.

“Sementara pada orang tua anak-anak ini juga mengingatkan kembali, walaupun sebenarnya mereka sudah tahu tapi kadang-kadang tak diterapkan dalam berkendara, dengan kita ingatkan lewat kegiatan ini, para orang tua juga harapannya bisa sadar dan mau mengimplementasikan tertib lalu lintas setiap haro,” terangnya.

Sementara Rizki Aifirmansyah, anggota PPKJ mengatakan anak-anak yang mengikuti acara ngabuburit di Ciamis dengan bermain ular tangga lalu lintas memiliki antusias yang cukup tinggi.

“Harapannya dengan permainan ular tangga dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan berlalu lintas bagi anak-anak maupun orang tuanya,” katanya.

Kegiatan ngabuburit yang unik ini disambut baik oleh warga Ciamis. Ciicih, misalnya, warga Ciamis ini sengaja mengajak anaknya ngabuburit di Alun-alun. Menurutnya, kegiatan yang digelar oleh Dishub dan pelajar pelopor keselamatan tersebut bermanfaat sekali, terutama baik anak-anak.

“Anak saya terlihat senang ikutan main ular tangga di sini. Awalnya ngajak main anak ke Alun-alun sekalian ngabuburit sambil beli takjil juga. Ketika ada kegiatan ini, anak saya jadi mau ikutan,” terangnya. (Her2/R7/HR-Online)