Pantau Harga Sembako Jelang Puasa, Bupati Ciamis Sidak Pasar Kawali

Sidak Bupati Ciamis
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Galuh Kawali jelang Ramadan. Minggu (5/5/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya memantau harga sembako di Pasar Galuh Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Minggu (5/5/2019). Sidak Bupati Ciamis di Pasar Galuh Kawali tersebut dilakukan untuk memantau kenaikan harga menjelang puasa Ramadan.

“Memang ada beberapa komoditas pasar yang mengalami kenaikan, namun masih cukup wajar, terlebih menjelang bulan Ramadhan kebutuhan masyarakat meningkat,” ujar Herdiat.

Dari pantauan HR Online, bahan kebutuhan pokok yang cenderung naik adalah daging ayam dan daging sapi serta beberapa jenis pangan lainnya.  Akan tetapi, kenaikannya cukup wajar mengingat ini menjelang bulan Ramadan dan permintaan masyarakat cukup tinggi.

“Diharapkan para pedagang maupun agen tidak memanfaatkan momentum Ramadan untuk menaikkan harga, sehingga tidak memberatkan masyarakat atau pembeli,” katanya.

Herdiat menambahkan, jika pedagang tidak bernafsu menaikkan harga beberapa kebutuhan pokok masyarakat, maka harga-harga bisa stabil pada bulan Ramadan.

“Kalau pedagang atau agen tidak dengan sengaja menaikkan harga, maka harga sembako bisa stabil pada puasa nanti,” katanya.

Selain sidak bupati Ciamis, sidak harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadan, juga dilakukan aparat gabungan dari kepolisian, TNI dan Dinas Perdagangan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Kamis, 2 Mei 2019 lalu.

Baca Juga: Menjelang Bulan Suci Ramadan, Harga Sembako di Pasar Ciamis Stabil

“Hasil sidak menjelang bulan suci Ramadan yang dilakukan ke berbagai kios di Pasar Manis Ciamis mengenai kebutuhan pokok masih menunjukkan harga yang terbilang relatif stabil, seperti beras, daging sapi, ayam, telur dan sayuran,” terang Kabag. Sumda Polres Ciamis, Kompol. Asep Kamaludin, di sela-sela sidak harga sembako di Pasar Manis Ciamis.

Pihaknya berharap, harga sembako akan tetap stabil hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti, meskipun saat ini ada kenaikkan harga. Namun, hal itu tidak terlalu signifikan dan masih terbilang wajar. Untuk sementara ini kenaikkan harga sembako ditaksir mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 2.000. (Edji/R7/HR-Online)