Pipa Hidrant Terlindas Truk, Air Muncrat Banjiri Pertigaan Yodas Ciamis

Pertigaan Yodas Ciamis
Air muncrat layaknya air mancur membanjiri Pertigaan Yodas, Ciamis, Rabu (8/5/2019). Foto: Istimewa.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Air muncrat banjiri pertigaan Yodas Ciamis pada Rabu (8/5/2019). Air muncrat layaknya air mancur tersebut, akibat patahnya Pipa Hidrant di Jalan RE. Martadinata, Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Diduga patahnya pipa yang digunakan sebagai salah satu alat pemadam kebakaran ini akibat terlindas truk.

Dadan, Humas PDAM Tirta Galuh Ciamis mengatakan keberadaan pipa hidrant tersebut berada di bahu jalan. Pelebaran jalan yang terus dilakukan, kata Dadan, membuat pipa hidrant ini bergeser hingga ada di bahu jalan.

Pipa tersebut, kata Dadan, diduga tergilas truk yang lewat. Akibat kejadian tersebut, pelayanan air bersih PDAM Tirta Galuh Ciamis kepada para pelanggan terganggu.

“Kami mohon maaf karena adanya kebocoran pipa ini mengakibatkan pelayanan air bersih pada pelanggan terganggu. Kami juga langsung terjun ke tempat kejadian untuk segera memperbaiki kebocoran air,” katanya.

Menurutnya, akibat patahnya pipa hidrant di Jalan RE Martadinata Maleber tersebut, pasokan air sepanjang Jalan Yos Sudarso dan lingkungan Kampung Lebak, Kelurahan Maleber terhenti sementara.

Selain itu, pelanggan PDAM Tirta Galuh Ciamis yang ada di Kawasan Panoongan hingga Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, juga terkena dampak patahnya pipa hidrant ini.

Dadan juga mengatakan perbaikan diperkiraan akan selesai pada tengah malam nanti. Hal ini disebabkan, pihak PDAM harus mengajukan izin pembongkaran aspal terlebih dahulu pada dinas terkait.

Selain itu, menurut Dadan, PDAM juga memerlukan penyediaan barang yang dibutuhkan untuk memperbaiki Hidrant.

“Kami berusaha secepatnya memperbaiki pipa yang patah di Pertigaan Yodas Ciamis, sehingga pasokan air ke pelanggan PDAM segera lancar kembali,” katanya.

Dadan menambahkan, pihaknya telah melakukan pemberitahuan lewat SMS Broadcast pada para pelanggan PDAM Tirta Galuh Ciamis.

“Kami sudah mengirim SMS broadcast untuk para pelanggan mengenai adanya perbaikan pipa hidrant di Jalan RE Martadinata ini,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)