Sebuah Bangunan Madrasah di Ciamis Ambruk, Ini Penyebabnya

Sebuah Bangunan Madrasah di Ciamis Ambruk, Ini Penyebabnya. Photo : Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hujan yang turun pada Rabu (22/05/2019) dini hari membuat sebuah bangunan madrasah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk.

Bangunan yang ambruk itu adalah Madrasah Al-Ihsan di Dusun Sidaharja, RT.12, RW.03, Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 06.30 WIB.

Menurut sumber informasi HR Online di lapangan, kejadian robohnya bangunan madrasah tersebut diduga akibat kondisi bangunan yang sudah lapuk dimakan usia. Hal itu dibenarkan Kepala Desa Sidaharja, Haris Munandar, saat dikonfirmasi HR Online.  

“Benar, tadi pagi ada sebuah bangunan madrasah yang ambruk. Lokasinya tepat ada di depan kantor desa kami. Bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu karena pada waktu kejadian kondisi bangunan madrasah tengah sepi dari aktivitas,” terangnya.

Haris juga mengatakan bahwa, kondisi bangunan madrasah itu memang sudah lapuk. Sehingga, saat hujan turun bangunan tersebut ambruk lantaran tidak tahan dengan adanya tambahan beban.

“Hujannya tidak begitu besar, namun kondisi gedung yang memang sudah sangat lapuk dan tidak layak. Begitupun saat kejadian ambruk, gedung madrasah ini sebenarnya sudah lama tidak digunakan,” jelas Haris.

Bahkan, beberapa hari yang lalu para tokoh sudah bermusyawarah untuk merobohkan bangunan madrasah itu karena khawatir ada kejadian yang tidak diharapkan. Terlebih jika sore hari anak-anak diniyah sering berkumpul di sekitar bangunan madrasah.

“Tapi belum juga dirobohkan bangunan madrasah tersebut malah sudah roboh duluan,” pungkasnya. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA