Semakin Rusak, Jalan Menuju Puskesmas Rancah Belum Juga Diperbaiki

Kondisi infrastruktur jalan menuju Puskesmas Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciami
Kondisi infrastruktur jalan menuju Puskesmas Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga mengeluhkan kondisi infrastruktur jalan menuju Puskesmas Rancah, Kabupaten Ciamis. Pasalnya, kondisi kerusakan pada infrastruktur jalan tersebut semakin hari semakin parah.

Sekretaris Desa Situmandala, Oos Rosnadi, ketika ditemui Koran HR, Senin (13/05/2019), membenarkan kondisi infrastruktur jalan menuju Puskesmas Rancah, tepatnya di wilayah Desa Situmandala. 

“Sudah hampir empat tahun belum ada perbaikan. Sekarang, kondisinya sudah rusak parah, banyak lubang yang semakin dalam,” kata Oos.

Oos mengaku, pihaknya sudah berulang kali mengusulkan perbaikan infrastruktur jalan tersebut. Usulan itu disampaikan mulai dari musrenbang tingkat desa hingga musrenbang tingkan kecamatan.

“Tapi sampai sekarang belum ada informasi kapan jalan tersebut akan diperbaiki,” katanya.

Pada kesempatan itu, Oos berharap infrastruktur jalan tersebut segera diperbaiki. Untuk itu, dia meminta Pemerintah Kabupaten Ciamis mengalokasikan anggaran untuk program perbaikan jalan tersebut.

Sementara itu, Camat Rancah, Nandang Nugraha, menutukan, jalan tersebut statusnya jalan lingkungan. Sehingga, perbaikannya menjadi kewenangan Dinas Permukiman Rakyat Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Ciamis.

Nandang menuturkan, pihaknya juga sudah membahas perbaikan infrastruktur jalan tersebut dalam musrenbang tingkat kecamatan. Bahkan perbaikan infrastruktur jalan tersebut masuk dalam agenda prioritas.

“Sekarang, kita tinggal menunggu realisasinya dari pemerintah daerah,” katanya.

Di tempat terpisah, Opik, warga Rancah, menuturkan, kerusakan infrastruktur jalan menuju Puskesmas tersebut kondisinya cukup parah. Bagian aspal sudah mengelupas dan menyisakan batu yang berserakan. 

“Kalau hujan, jalan berbatu itu tergenang air layaknya selokan. Ini berbahaya bagi pengguna jalan,” katanya.

Senada dengan itu, Doni, warga Cisontrol, kondisi tersebut membuat banyak warga yang hendak pergi berobat ke Puskesmas menjadi tidak nyaman. Selain tidak nyaman saat dilewati, kerusakan itu juga tidak nyaman dilihat mata. (Heri/Koran HR)