Seni Wayang Meriahkan “Pelepasan” di SMPN 4 Kota Banjar

Seni Wayang Meriahkan “Pelepasan” di SMPN 4 Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pelepasan 294 siswa-siswi kelas IX SMPN 4 Kota Banjar, tahun pelajaran 2018-2019, diwarnai pentas seni Wayang Kulit oleh Dalang Hadi. Pentas seni wayang kulit tersebut dilaksanakan di halaman sekolah, Sabtu (04/05/2019).

Kepala SMPN 4 Kota Banjar, Sarjo, mengatakan, pengumuman kelulusan memang baru akan dilaksanakan sekitar akhir Mei mendatang. Namun karena Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa kelas IX sudah selesai, maka digelar pentas seni ini pada acara pelepasan siswa.

“Alhamdulilah UNBK di SMPN 4 ini sudah mampu mandiri atau tidak menumpang ke sekolah lain. Sarana yang ada mencukupi, baik itu komputer maupun servernya. Itu semua berkat sumbangsih komite dan orang tua siswa, juga dari bantuan pemerintah,” ucapnya.

Dia menekankan, agar siswa yang dilepas ini semua dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi ke SMA atau SMK. Pihaknya tidak berharap, ada yang sampai melanjutkan ke KUA atau menikah karena memang tidak boleh atah belum memenuhi umurnya.

“Sekolah juga tak ingin kalau waktunya kelulusan nanti diumumkan, siswa malah membuat ulah yang merugikan seperi ugal-ugal dijalanan raya pakai motor dan corat-coret seragam sekolah. Baiknya hal itu dihindari dan gunakan dengan kegiatan yang bermanfaat,” tegasnya.

Ikut hadir menyaksikan acara pelepasan itu, Kepala Disdikbud Banjar, komite, jajaran dewan guru dan seluruh siswa SMPN 4 Banjar. Berbagai atraksi seni ditampilkan dengan menarik oleh para siswa. Serta digelar bazaar dari produk inovasi setiap kelas dalam sebuah stand.

Sarjo mengemukakan pentas seni wayang kulit oleh dalang Hadi ini atas prakarsa pemberian Disdikbud Banjar. Kelompok seni wayang kulit asal Kecamatan Langensari itu merupakan juara provinsi Jabar dalam sebuah ajang seni.

“Ya intinya sekolah pun harus ikut ngamumule seni budaya tardisional. Termasuk pihak sekolah pun siap jika ada siswa kami yang berminat atau mengembangkan bakat mendalang. Nanti kita undang dalang Hadi untuk mengajarkannya,” pungkasnya. (Nanks/R4/HR-Online)