4 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Tanjakan Cibeka Ciamis

tabrakan beruntun di tanjakan cibeka ciamis
Bus Budiman jurusan Banjar-Jakarta, salah satu kendaraan yang terlibat tabrakan beruntun di Tanjakan Cibeka Ciamis, Kamis (30/5/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), – Tabrakan beruntun di Tanjakan Cibeka Ciamis melibatkan empat kendaraan yang melintas di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Kamis (30/5/2019). Akibatnya sejumlah korban mengalami luka-luka dan terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Banjar.

Arus lalu lintas dari arah Tasikmalaya menuju Kota Banjar dan sebaliknya sempat mengalami kemacetan cukup panjang akibat tabrakan beruntun tersebut. Kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Banjar, akhirnya dialihkan Satlantas Polres Ciamis ke jalan Cimaragas di pertigaan Bojong.

Tabrakan beruntun di Tanjakan Cibeka Ciamis ini berawal dari Kijang Inova dengan Nopol F 1348 NQ yang ditumpangi 4 penumpang datang dari arah Tasikmalaya dan mencoba menyalip kendaraan yang ada di depannya. tepat di tikungan Tanjakan Cibeka. Sementara Bus Budiman jurusan Banjar-Jakarta datang dari arah berlawan.

Tabrakan kedua kendaraan tersebut tak dapat terhindarkan. Bus Budiman yang berhenti mendadak kemudian ditabrak dari belakang oleh dua mobil bak terbuka.

Supir Bus Budiman, Ade Saepulloh, mengatakan ketika Bus yang dikendarainya sedang naik melewati Tanjakan Cibeka, Kijang Inova tiba-tiba datang dari atas dengan kecepatan cukup tinggi, hingga tabrakan pun terjadi.  

“Mobil kijangnya nyalip dan turun dengan kencang, jadi langsung tabrakan. Terus dari belakang kan ada dua mobil, karena tidak tertahan akhirnya menabrak bus bagian belakang. Saya dari arah Banjar,” ungkap Ade, supir Bus Budiman di lokasi kejadian.

Menurut Ade, Bus yang disupirinya membawa 5 penumpang. Seluruh penumpang Bus dalam keadaan selamat dan sudah dialihkan ke bus lain untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jakarta.

Sementara warga yang melihat tabrakan beruntun di Ciamis tersebut menuturkan penumpang mobil kijang inova ada 4 orang. Terlihat beberapa penumpang mengalami luka hingga dievakuasi ke Rumah Sakit Banjar.

Baca Juga: 2 Tanjakan Ekstrim di Ciamis Ini Perlu Diwaspadai Pemudik

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP M Bima Gunawan membenarkan adanya tabrakan di Ciamis tepatnya di Tanjakan Cibeka tersebut.

“Anggota kami masih melakukan pendataan, apakah luka ringan atau luka berat, kami belum bisa memastikan,” jelasnya.

Menurut Bima, tabrakan beruntun tersebut sempat menimbulkan kemacetan. Padahal Tanjakan Cibeka yang ada di Jalan Banjar Ciamis tersebut meruoakan jalur selatan yang biasa dilalui para pemudik. Sehingga pihaknya mengalihkan kendaraan dari Ciamis Kota ke simpang Bojong menuju Cimaragas.  

“Kami lakukan pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Pengalihan ini sementara sampai lalu lintas normal kembali. Sementara kendaraan dari arah banjar tidak dialihkan dan masih bisa melalui jalur utama,” katanya.

Petugas kepolisian juga melakukan evakuasi empat kendaraan yang terlibat tabrakan beruntun di Ciamis. Keempat kendaraan tersebut dibawa dengan menggunakan mobil Derek agar tidak menghalangi jalan dan lalu lintas pun kembali normal.

Baca Juga: Cerita Mistis Dibalik Sejumlah Kecelakaan di Tanjakan Cibeka Ciamis

“Tanjakan Cibeka ini merupakan salah satu tanjakan ekstrim yang ada di Ciamis sehingga rawan kecelakaan. Karena itu kami imbau untuk lebih berhati-hati ketika melintas di tanjakan ini, jangan sampai saling mendahului,” pungkasnya. (Her2/R7/HR-Online)