5 Tempat Ngabuburit di Ciamis yang Asyik untuk Dikunjungi

Tempat Ngabuburit di Ciamis
Stadion Galuh Ciamis, Jembatan Cirahong, Mesjid Agung Ciamis, dan Alun-alun Ciamis merupakan sejumlah tempat ngabuburit di Ciamis yang jadi favorit warga. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa setiap Ramadan tiba sudah menjadi tradisi muslim di Indonesia, termasuk di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Sejumlah tempat ngabuburit di Ciamis selalu dipadati warga yang menghabiskan waktu sambil menunggu azan Magrib.

Berikut  lima tempat ngabuburit di Ciamis  yang asyik untuk dikunjungi dan menjadi favorit warga di sekitar kota Ciamis:

Alun-alun Ciamis

Tempat ngabuburit di Ciamis yang menjadi favorit warga adalah Alun-alun Ciamis. Setiap sore menjelang berbuka puasa Alun-alun Ciamis selalu dipadati warga yang ngabuburit. Pesona air mancur di tengah Alun-alun masih jadi daya tarik bagi warga yang ingin berfoto sambil menghabiskan waktu.

Selain itu, kehadiran Becak Cinta yang warna-warni juga membuat anak-anak dan orang dewasa banyak melewati sore di Alun-alun yang baru dibuka kembali pada beberapa bulan yang lalu ini.

Padatnya Alun-alun Ciamis ini sering menjadi sasaran lokasi bagi-bagi takjil sejumlah komunitas. Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapat takjil gratis yang banyak diberikan berbagai komunitas setiap harinya.

Jika waktu Magrib tiba, Anda bisa langsung berbuka dengan sejumlah menu yang ada di sekitar Alun-alun. Banyak pedagang yang menjajakan makanannya, mulai dari minuman hingga makanan berat.

Usai berbuka, Anda bisa melanjutkan dengan menjalankan shalat Magrib di Masjid Agung Ciamis yang jaraknya cukup dekat dari Alun-alun. Anda pun bisa sekalian langsung ikut Salat Tarawih di Masjid Agung Ciamis.

Masjid Agung Ciamis

Waktu Ngabuburit tiba, Masjid Agung Ciamis banyak dikunjungi oleh warga sekitar kota Ciamis. Sejumlah remaja mengisinya dengan kajian yang diselenggarakan oleh IRM Masjid Agung. Ada juga yang mengisinya dengan tadarusan membaca Alquran.

Bukan itu saja, DKM Masjid Agung Ciamis juga menggelar Bazar Ramadan di pelataran parkir Masjid Agung. Salah satu yang dijual di Bazar Ramadan ini adalah sembako murah. Beberapa sembako dijual dengan harga di bawah pasar. Namun, stok sembako tergantung persediaan sehingga tidak selalu ada setiap hari.

Baca juga: Bazar Radaman Masjid Agung Ciamis, Ngabuburit Sambil Belanja Sembako Murah

Tetapi, jangan khawatir, Anda masih bisa berbelanja berbagai macam kebutuhan barang di Bazar Ramadan Masjid Agung Ciamis. Diantaranya pakaian lebaran dan juga sejumlah makanan yang digelar di stand-stand Bazar ini.

Stadion Galuh Ciamis

Tempat ngabuburit di Ciamis selanjutnya adalah Stadion Galuh Ciamis. Ada berbagai jajanan takjil yang dijual para pedagang di sekitar Stadion Galuh Ciamis. Namun bukan itu saja yang membuat warga Ciamis mendatangi Stadion Galuh kala ngabuburit tiba.

PSGC Ciamis, klub lokal yang bermain di Liga 2 musim 2019 sudah mulai berlatih setiap sore di Stadion Galuh. Kehadiran Herrie Jose Setiawan menjadi alasan beberapa warga menyambangi Stadion Galuh.

Baca: 21 Pelatih Melamar, PSGC Ciamis Jatuhkan Pilihan Pada Herrie ‘Jose’ Setiawan

Puluhan kendaraan terparkir di Halaman Stadion. Rupanya latihan rutin PSGC Ciamis di Stadion ini membuat sejumlah warga tertarik untuk ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka.

Kopgab Lintas Komunitas di TIC

Ngabuburit Bareng sejumlah komunitas di Ciamis yang digelar di halaman Tourism Information Center (TIC), Jalan RAA Sastrawinata, Kertasari, Ciamis atau tepat di sebelah Islamic Center banyak disambangi pemuda dari berbagai komunitas.

Baca: Puluhan Komunitas di Ciamis Deklarasi Jaga Kondusifitas

Di sana digelar Bazar Ramadan yang diisi berbagai stand dari sejumlah komunitas mulai dari Komunitas Pemusik Jalanan (KPJ), Komunitas Suporter seperti Balad Galuh, hingga Komunitas Motor mulai dari Moonraker, Black Baron, GBR, XTC sampai Brigez.

Rundown Acara Ngabuburit Bareng
Kopgab Lintas Komunitas Ciamis

Ngabuburit Bareng Kopgab Lintas Komunitas ini akan digelar hinggal 25 Mei 2019 mendatang. Selain bazar Ramadan sejumlah acara juga akan digelar. Misalnya pada hari ini, Minggu 19 Mei 2019 akan ada Sosialisasi TB dari Dinas Kesehatan.

Senin besok, 20 Mei 2019 akan ada Kaulinan Zaman Baheula. Atau yang menarik akan ada Pentas Seni Komunitas pada 22 Mei 2019, juga digelar Stand Up Comedy dan Puisi pada 23 Mei 2019.

Jembatan Cirahong

Jembatan yang menghubungkan wilayah Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya ini ada di Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis. Jembatan ini memiliki dua tingkat dimana di bagian atasnya dijadikan sebagai tempat perlintasan kereta api dan bagian bawahnya merupakan tempat mobil dan motor melintas menuju Tasikmalaya atau sebaliknya menuju Ciamis.

Baca juga: Jembatan Cirahong Ciamis, Lokasi Bersejarah yang Cocok untuk Ngabuburit

Keunikan salah satu tempat ngabuburit di Ciamis ini membuat Jembatan Cirahong banyak didatangi warga sekitar Ciamis menjelang berbuka puasa. Sejumlah remaja bahkan memanfaatkan kawasan jembatan Cirahong yang asri untuk berfoto.

Jika beruntung ketika ketika ada kereta lewat mereka akan mendapat foto dengan latar jembatan Cirahong yang di atasnya sedang melintas kereta api.

Itulah tempat ngabuburit di Ciamis yang sering didatangi warga untuk menunggu waktu berbuka puasa. Nah, kalau Anda punya tempat Ngabuburit favorit di mana? (Ndu/R7/HR-Online)