Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dinas Perpusda Pangandaran Lakukan Ini

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dinas Perpusda Pangandaran Lakukan Ini. Photo : Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Tingkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menggelar acara “ngabuburit” dengan beragam kegiatan.

Acara yang mengandeng Pramuka pelajar itu berlangsung di Alun-alun Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jum’at (17/05/2019), dan dihadiri oleh Bunda Literasi, Hj. Ida Nurlela Wiradinata.

Kepala Dinas Perpusda Kabupaten Pangandaran, Tatang, melalui sekertaris dinasnya, Usep Efendi, mengatakan, dalam kegiatan “ngabuburit” ini, pihaknya sengaja melibatkan para pelajar.

“Dalam kegiatan ini juga digelar berbagai macam lomba bertemakan nusansa Islami yang diikuti oleh ratusan pelajar tingkat SD dan SMP. Juga digelar budaya literasi atau budaya membaca buku untuk tingkatkan minat baca masyarakat Pangandaran. Karena dengan membaca kita akan banyak tahu serta bertambah ilmu dan wawasan,” terang Usep.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh kegiatan musik dan wayang golek. Semua peserta yang terlibat di dalamnya adalah pelajar, termasuk dalang wayang golek.

“Kegiatan “ngabuburit” ini ditutup dengan pembagian ratusan takjil gratis kepada para pengendara motor yang melintas di Jalan Raya Parigi,” kata Usep.

Sementara itu, Hj. Ida Nurlela Wiradinata selaku Bunda Litersi Kabupaten Pangandaan, mengaku dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Dinas Perpusda, dan berharap ke depan kegiatan serupa bisa digelar di daerah lain yang ada di Kabupaten Pangandaran, seperti di Kecamatan Langkaplacar dan daerah lainnya. (Ntang/R3/HR-Online)