Tips Langsing Walau Doyan Nasi Padang

tips langsing
Tips langsing, walau doyan nasi padang. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Masakan padang dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Makanya, tak heran jika nasi padang jadi buruan pecinta kuliner. Namun kalori yang terkandung dalam nasi padang sering membuat orang ragu-ragu untuk mengonsumsinya. Jangan khawatir, HR Online akan bagikan tips langsing walau doyan nasi padang.

Sebelum membahas tips langsing walau doyan nasi padang, sebaiknya Anda mengetahui kalori yang terkandung dalam satu porsi nasi padang. Dirangkum dari berbagai sumber, perkiraan jumlah total kalori dalam satu porsi nasi padang adalah 658 kilo kalori.

Jumlah itu didapat dari perhitungan sebagai berikut: Nasi putih dihitung 200 gram mengandung 360 kkal, rendang daging 1 potong dihitung 100 gram sama dengan 193 kkal.

Lalu sayur nangka 50 gram atau 1 sendok saja namun kadar kalorinya sekitar 80 kkal. Terakhir ada daun singkong 50 gram yang mengandung 25 kkal. Total jumlah kalori dalam satu porsi nasi padang ini ada 658 kilo kalori.

Sebenarnya jumlah ini masih aman bila dibandingkan total kalori yang dibutuhkan tubuh per harinya, yaitu 2.000 kilo kalori. Selain itu, kebutuhan kalori setiap orang juga berbeda. Misalnya pada pria dan wanita disarankan untuk menambah 2.000-3.000 kalori dalam satu hari. Hal ini disesuaikan dengan tingkat aktivitas yang dilakukan oleh masing-masing orang.

Sehingga jika satu porsi nasi padang mengandung jumlah kalori 658 kalori, maka hitungannya masih cukup dan aman. Tetapi, perlu diingat juga, berbagai menu pilihan masakan padang seperti ayam pop, rendang dan sayur bersantannya itu membuat kita juga harus waspada terhadap kadar kolesterolnya.

Walaupun begitu, Anda juga perlu ingat bahwa langsing atau gemuknya seseorang itu tidak cuma disebabkan oleh jumlah hitungan kalori yang masuk. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, misalnya kualitas jenis makanan, metabolisme tubuh, hormon, termasuk juga probiotik usus yang mempengaruhi pencernaan manusia.

Karena itu, jika sekali-kali Anda ingin makan nasi padang rasanya tidak berlebihan. Karena untuk memulai hidup sehat dan punya badan bagus tidak cukup hanya dengan makan dada ayam rebus yang tidak ada rasanya sama sekali. Sekali-kali Anda bisa juga menikmati makanan enak contohnya nasi padang ini.  

Anda pun sebenanarnya bisa tetap langsing walau doyan nasi padang, berikut tips langsing yang bisa Anda ikuti:

Ganti nasi putih dengan daun singkong

Bagi pegiat diet pasti sudah mafhum kalau nasi merupakan sumber kalori yang melimpah, karena itu Anda bisa mengganti nasi putih dalam satu porsi masakan padang dengan daun singkong yang biasanya diberikan secara cuma-cuma.

Sebagai orang yang doyan makan nasi padang, tentu Anda tahu jika nasi padang agar murah, nasinya biasanya diperbanyak, selanjutnya dikasih kuah gulai dan sambal balado atau sambal ijo yang gratis. Karena itu Anda bisa menggantinya dengan daun singkong rebus sebagai pengganti nasi.

Nasi putih jadikan sebagai lauk

Tips langsing walau doyan nasi padang selanjutnya adalah Anda bisa menjadikan nasi putih sebagai lauk. Artinya Anda bisa mengurangi porsinya hanya sedikit saja. Lakukan hal ini jika Anda masih ‘kekeuh’ ingin mencicipi nasi padang lengkap dengan nasi putihnya.

Tambahkan satu saja sumber protein hewani yang rendah lemak

Jika Anda maksa ingin tetap makan nasi putih tapi juga ingin mempertahankan bentuk tubuh Anda, maka cara tetap langsing adalah dengan menambahkan satu saja menu makanan sumber protein hewani dalam satu porsi nasi padang.

Misalnya, Anda bisa menambahkan ayam bakar sebagai menu pelengkap satu porsi nasi padang Anda. Ayam bakar sebagai salah satu sumber protein hewani juga mengandung rendah lemak. Sehingga aman untuk dikonsumsi sebagai cara tetap langsing walau doyan nasi padang.

Hindari menambahkan menu masakan lain yang juga mengandung protein hewani dalam satu porsi nasi padang. Cukup satu saja untuk mempertahankan bentuk tubuh Anda.

Itulah tips langsing walau doyan nasi padang. Tak perlu takut makanan enak jika ingin mempertahankan bentuk tubuh Anda. Pastikan saja Anda mengonsumsinya tidak berlebihan. (Ndu/R7/HR-Online)