Tips Tetap Sehat Jalani Ibadah Puasa Ramadhan

Tips Tetap Sehat Jalankan Ibadah Puasa Ramadhan. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Saat menjalankan puasa Ramadhan, biasanya orang akan mudah tergoda untuk membeli beragam makanan takjil untuk berbuka puasa. Selain itu, mereka pun terbiasa makan sahur seadanya karena waktu yang pendek, bahkan ada juga yang melewatkan waktu sahur.

Bila ingin menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan tetap sehat, nyaman dan tenang, berikut ini beberapa tips sehat menjalankan puasa, seperti dilansir Health Xchange, Senin (06/05/2019).

Jangan Melewatkan Waktu Sahur

Sebenarnya puasa itu hanya menggeser waktu makan. Kalau biasanya sarapan jam 6 pagi, sekarang digeser waktunya menjadi lebih awal. Jadi, makan di waktu sahur sama pentingnya seperti halnya sarapan, bahkan lebih penting.

Karena, melewatkan waktu sahur sama halnya dengan memperpanjang waktu puasa, yang mana tubuh sebetulnya membutuhkan asupan nutrisi dan energi dari makanan untuk persediaan sampai waktu berbuka tiba.

Waktu puasa semakin lama maka seseorang akan dehidrasi, dan akan terasa lelah sepanjang hari.

Selain itu, melewatkan waktu sahur juga dapat mengakibatkan orang makan berlebih saat berbuka puass berbuka. Hal itu yang bisa memicu naiknya berat bedan.

Jangan Makan Berlebih

Makan berlebih saat berbuka puasa puasa bisa membahayakan tubuh. Sehingga harus seimbang nutrisi makanannya. Konsumsi berlebih makanan tinggi lemak dapat menyebabkan gangguan pencernaan serta peningkatan berat badan.

Hindari Makanan Digoreng, Tinggi Gula & Asin

Hidangan berbuka saat puasa Ramadhan biasanya banyak yang manis, asin, atau bahkan gorengan. Semua hidangan itu kerap menggoda sebagai teman untuk berbuka puasa. Meskipun terlihat nikmat, namun makanan tersebut bisa membuat puasa di hari berikutnya akan terasa lebih sulit.

Selain berdampak pada meningkatnya berat badan, konsumsi makanan manis dan berlemak juga dapat menyebabkan badan mudah lelah dan lesu. Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah asupan garam, terutama saat makan sahur karena dapat mempercepat rasa haus.

Untuk menghindarinya, konsumsi sayur dan buah, nasi dan alteratif lainnya, atau konsumsi daging dan alternatif lainnya. Mengonsumsi makanan tinggi serat selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan juga baik guna memperlambat sistem pencernaan makanan, sehingga orang akan merasa kenyang lebih lama.

Minum Air Sebanyak Mungkin

Untuk mengurangi risiko dehidrasi slama puasa, minumlah air sebanyak mungkin saat sahur dan buka. Setidaknya minum 8 gelas cairan sehari, termasuk susu, jus, minuman ringan dan sup, itu merupakan pilihan yang baik. Namun ingat, selama menjalankan puasa Ramadhan kurangi konsumsi kafein, seperti kopi, kola dan teh. (Eva/R3/HR-Online)