Tugu Batas Ciamis-Majalengka Memprihatinkan

Tugu Batas Ciamis
Tugu perbatasan wilayah Kabupaten Ciamis dan Majalengka, di ujung batas Desa Cibeureum, Sukamantri, kondisinya memprihatinkan. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tugu batas Ciamis dan Majalengka, yang terletak di ujung batas Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, kondisinya memprihatinkan. Tugu perbatasan tersebut kurang terawat dan tidak disertai tulisan.

Elan (52), warga Desa Cibeureum, ketika ditemui Koran HR, Senin (20/05/2019), berpendapat, tugu pembatas wilayah kabupaten sebaiknya dibuat permanen dan ada tulisannya. 

“Banyak pengguna jalan menanyakan tentang tugu pembatas wilayah Kabupaten. Jika kondisinya baik dan ada tulisannya, akan mudah diketahui. Tugu pembatas antar wilayah sangat penting, karena untuk memperingatkan pengendara terhadap jalur yang mereka gunakan, sekaligus dapat mempromosikan daerah,” katanya.

Menurut Elan, pengguna jalan yang berasal dari manapun dapat mengetahui secara pasti letak posisi wilayah perbatasan. Alangkah baiknya kalau dibuat tugu yang besar dan megah. Jadi semua orang bisa melihat dan memberikan kesan positif terhadap wilayah kabupaten.

Sahidi, tokoh masyarkat sekitar, ketika ditemui Koran HR, mengatakan, tugu batas wilayah Kabupaten Ciamis dan Majalengka, entah tahun berap dibuatnya. Sehingga kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Selain kondisinya sudah memprihatinkan, juga tidak disertai tulisan. Dia meminta agar Pemerintah Kabupaten Ciamis menganggarkan kembali untuk pembuatan tugu perbatasan, sehingga tugu batas wilayah Kabupaten Ciamis dibangun yang Representatip.

“Meskipun terlihat remeh, kehadiran gapura atau tugu batas wilayah sangat diperlukan, sehingga masyarakat bisa mengenal suatu wilayah yang dilewatinya,” katanya.

Warman (36), pengguna jalan asal Majalengka, mengatakan, tugu batas wilayah Kabupaten Ciamis dan Majalengka yang berada di Blok Jahim atau ujung batas Desa Cibeureum, bukan hanya sebatas tugu pembatas wilayah.

Akan tetapi merupakan pintu gerbang masuk wilayah Kabupaten Ciamis dari arah Majalengka. Sehingga selain perlu disertai dengan adanya tulisan, harus dibangun menjadi pintu gerbang masuk yang megah.

Menurut Warman, tugu batas Ciamis tidak sekedar penanda batas wilayah tetapi juga membuat wilayah Desa Cibeureum / Kabupaten Ciamis menjadi menarik. Selain itu bisa menjadi identitas suatu wilayah. (Dji/Koran HR)

Loading...
Loading...