Usai Dilantik, Sekda Pangandaran akan Lakukan Ini

Usai Dilantik, Sekda Pangandaran akan Lakukan Ini. Photo : Madlani/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pejabat Sekda Pangandaran yang baru dilantik, Drs. Kusdiana, MM., mengaku bersyukur karena proses pelantikan dapat berjalan lancar.

Dirinya pun berjanji akan secepatnya bersilaturahmi ke setiap SKPD yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Pak Bupati bahwa jabatan Sekda harus bisa menjembatani dengan SKPD, DPRD dan semuanya,” kata Kusdiana, kepada sejumlah wartawan usai dilantik, Rabu (22/05/2019).

Dirinya akan berupaya meningkatkan kompetensi ASN yang ada di lingkup Pemda Pangandaran, sesuai dengan yang diharapkan bupati. Seperti, ASN harus profesional bisa bekerjasama dan bersatu, ASN harus bersih dan melayani untuk kemajuan daerah dan masyarakatnya, ASN juga harus memiliki kompetensi teknis, managerial, dan sosial kultural.

“Untuk itu, saya akan bersilaturahmi ke semuanya, meminta masukan dari setiap SKPD, dan utamanya agar terjalin kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan di Pangandaran,” ujarnya.

Kusdiana yang berasal dari Kabupaten Ciamis itu menyebutkan bahwa, daerah Ciamis dan Pangandaran masing-masing punya ciri karekter yang berbeda.

Dari sisi pemerintahan, Pangandaran memang baru, namun perkembangannya bagus dan saat ini sedang pesat-pesatnya membangun. Dirinya pun akan berakselerasi sebagai Sekretaris Daerah Pangandaran.

“Sisi karakter memang berbeda tiap wilayah, tapi kita akan jalin silaturahmi. Masukan bagi saya untuk menguatkan kebersamaan, formulasi dan target saya sebagai Sekda harus bisa mengikuti program percepatan yang sudah di tetapkan pada APBD tahun sekarang,” ungkapnya.

Kusdiana menilai pentingnya persatuan, kesatuan dan kebersamaan. Ia pun akan masuk ke SKPD maupun elemen swasta, karena visi Pangandaran sebagai tujuan wisata berkelas dunia itu sangat berat. Untuk mewujudkannya perlu disiapkan minimal harus ada 3 A, yaitu Aksesibilitas, Amenitas, dan Atraksi.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, melantik pejabat pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Pangandaran, Drs. Kusdiana, MM., di Aula Setda Pangandaran, Rabu (22/05/2019).

Bupati Pangandaran juga melantik puluhan pejabat ASN di lingkup Pemkab Pangandaran yang akan menduduki jabatan sebagai sekretaris dinas atau administrator, jabatan pengawas, dan kepala sekolah.

“Hari ini kita sudah punya Sekda yang definitive. Pelantikan tadi tentu berdasarkan suatu mekanisme yang diatur pada pasal, dan punya kewenangan yang ujungnya pada kepentingan masyarakat,” kata Jeje, kepada HR Online, usai acara pelantikan.

Dia juga mengatakan, bahwa pejabat Sekda memang bukan berasal dari Pangandaran. Namun, dirinya sudah meminta agar pejabat tersebut pindah tinggal di Pangandaran. Pemerintah daerah pun sudah menyiapkan fasilitas rumah dinas.

“Beliau harus menetap dan tinggal di Pangandaran, tidak PJKA, pulang Jum’at kembali Ahad. Fasilitas sudah disiapkan, rumah dinas, ya kalau tidak dipakai bisa cari yang lain. Mobil dinas kan sudah ada. Untuk kantor sementara di sini bersama-sama,” ujarnya.

Jeje berharap Sekda harus sudah menetap di Pangandaran, mengingat tugasnya banyak karena akan menjadi jembatan antara dirinya dengan pejabat lain maupun pejabat legislatif.

“Kita beri waktu 1 sampai 7 hari, dan saya minta untuk tinggal di Pangandaran. Jadi, hari Sabtu Minggu kita bisa ikut menyimak perkembangan pariwisata di Pangandaran. Karena kan kita mah daerah wisata,” tukas Jeje. (Madlani/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA