Wakil Walikota Banjar Imbau Masyarakat Tak Konsumtif Jelang Lebaran 2019

wakil walikota banjar
Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana mengimbau masyarakat agar tak terlalu konsumtif dan tak berlebihan menjelang lebaran 2019.

“Jangan mentang-mentang akan lebaran, kebutuhan belanja berlebihan. Harus bisa dikontrol,” kata Nana, Rabu (29/5/2019).

Lebih lanjut, Nana mengatakan, mendekati lebaran ini kebutuhan pokok di Kota Banjar dipastikan aman. Meski kebutuhan itu diprediksi meningkat, namun ketersediaan di pasar masih mencukupi.

“Kami kira sementara ini atau H-7 lebaran, ketersediaan pangan di Kota Banjar aman-aman saja. Tak ada gejolak harga yang menghawatirkan,” katanya.

Terlebih menurutnya, upaya Pemkot Banjar sudah cukup maksimal untuk mengamankan ketersediaan pangan jelang lebaran 2019. Seperti dilakukannya Operasi Pasar Murah (OPM), sehingga sampai saat ini harga kebutuhan pokok tak terlalu tinggi.

“Koordinasi pun tetap terus berjalan dengan berbagai intansi terkait, termasuk dengan Satgas pangan Kota Banjar guna menjaga stabilitas harga,” ucap dia.

Nana juga meminta masyarakat untuk menjaga kondusiftas wilayah Kota Banjar guna mempererat  ukhuwah islamiah.

“Jaga kondusifitas Kota Banjar sama-sama, sehingga kita pun mampu menjalankan ibadah puasa dengan baik hingga capai menuju kemenangan yang fitri,” kata wakil walikota Banjar, Nana Suryana.

Sementara di tempat terpisah, Kabid Ketahanan Pangan, Nanan Rohanan, menyebutkan, berdasarkan pantauan di lapangan, sementara pihaknya tak menemui gejolak harga kebutuhan pokok.

“H-7 lebaran ini, tak ada gejolak harga kebutuhan pokok yang berarti. Masih normal-normal saja,” ucapnya.

Walau begitu, dirinya tak menampik beberapa Minggu yang lalu, tepat menjelang puasa Ramadhan, sejumlah kebutuhan masyarakat sempat naik. Seperti harga bawang putih yang sempat mencapai harga Rp. 60.000 per kg. Namun sekarang harganya kembali normal, yakni Rp.35.000 per kg.

“Yang jelas Distan tetap bergerak melakukan pengawasan dan pemantauan harga juga ketersediaan pangan pokok, terlebih jelang lebaran ini,” katanya.

Nanan menegaskan harga pangan kebutuhan masyarakat di wilayah Kota Banjar, sekarang ini masih aman dan terkendali.

“Ya wajar misal harga ayam broiler dan daging sapi akan sedikit naik harganya mendekati lebaran nanti,” pungkasnya.  (Nanks/R7/HR-Online)

Loading...