Warga Ciamis Diminta “Lapang Dada” Terima Hasil Pemilu

Warga Ciamis Diminta “Lapang Dada” Terima Hasil Pemilu

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Rois Suriyah PCNU Kabupaten Ciamis, KH. Amir Hamzah, memberikan apresiasi kepada penyelenggara pemilihan umum (Pemilu), mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).  

Menurut Amir Hamzah, Pemilu di Kabupaten Ciamis, baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) sudah berjalan sesuai dengan tahapan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada KPU dan Bawaslu, sudah berusaha maksimal dalam menyelenggarakan pemilu berkualitas,” katanya.

Selain itu, kata Amir Hamzah, PCNU Kabupaten Ciamis juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada aparat keamanan dari Kodim 0613 Ciamis (TNI) dan Polres Ciamis Polda Jawa Barat (Polri), karena sudah mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Dengan pengamanan ini, sehingga Pemilu di Kabupaten Ciamis berjalan aman, lancar dan kondusif,” katanya.

Amir Hamzah juga meminta pendukung pasangan calon (paslon) 01 (Jokowi-Ma`ruf) dan pendukung paslon 02 (Prabowo-Sandi), bersabar menunggu hasil penghitungan yang dilakukan KPU selesai.

“Kami juga mengajak semua komponen masyarakat untuk bersatu kembali. Dalam demokrasi, perbedaan adalah hal biasa. Sekarang saatnya kembali bersatu,” katanya.

Warga Ciamis Diminta “Lapang Dada” Terima Hasil Pemilu

Senada dengan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ciamis, KH. Ahmad Hidayat Sirodj, meminta masyarakat dapat menerima apa yang nanti menjadi keputusan KPU pusat.

“Apapun yang terjadi nanti, itu adalah usaha kita yang maksimal. Konsekuensinya, harus bisa menerima. Karena itu langkah dan ikhtiar kita dalam Pemilu 2019. Kita harus bisa menerima takdir dari Allah SWT. Ini demi kebaikan kita bersama,” kata KH Ahmad Hidayat Sirodj.

Ahmad Hidayat berharap tidak ada ekses pasca pemilu 2019. Pihaknya mengajak semua pihak untuk optimis, menjaga persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, KH. Fadlil Yani Ainusyamsi, juga mengajak masyarakat untuk kembali membangun kebersamaan, persatuan dan kesatuan. Khususnya, membangun kembali Kabupaten Ciamis tercinta.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Ciamis, KH. Koko Komarudin, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua unsur penyelenggara Pemilu 2019, mulai dari KPU, Bawaslu, TNI dan Polri.

“Terimakasih sudah menyelenggarakan dan mengamankan Pemilu hingga berjalan aman, damai dan lancar,” katanya.

Kepada masyarakat, Koko mengajak untuk kembali bersama-sama merajut kebersamaan, dan menerima segala hasil keputusan Pemilu 2019 dengan lapang dada. (Deni/R4/HR-Online)