1.187 Calon Haji Asal Ciamis Berangkat ke Tanah Suci

calon haji asal Ciamis
Para calon jamaah haji asal Ciamis saat kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Ciamis, di Gedung Islamic Center, Selasa (25/6/2019) lalu. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 1.118 orang calon jamaah haji (calhaj) asal Ciamis akan berangkat ke tanah suci pada bulan Juli 2019 ini. Pemberangkatan calhaj kloter pertama dimulai dari tanggal 7 Juli 2019. 

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis, H. Asep Lukman Hakim, mengatakan, rencana pemberangkatan ribuan calhaj tersebut dibagi menjadi 3 kelompok terbang (Kloter), yang pertama yaitu pada tanggal 7 Juli 2019 yakni kloter 8, tanggal 23 Juli yakni kloter 53 dan terakhir tanggal 24 Juli 2019 yakni kloter 61. 

“Sekarang terus kita lakukan persiapan para Calhaj sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah, dari mulai persiapan dokumen calhaj, cek kesehatan, serta pembinaan manasik haji dan yang lainnya,” ujar Asep.

Kata Asep, semua kloter akan diberangkatkan dari Ciamis dengan armada bus menuju emberkasi haji, dan semua kloter itu telah dilengkapi oleh Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), dan Tim Pemberangkatan Haji Daerah (TPHD). 

“Kami menghimbau kepada calhaj yang sudah melengkapi serta menyelesaikan pembayaran pelunasan ongkos ibadah haji agar selalu menjaga kesehatan. Selain itu, pahami sesuai ketentuan yang telah diinformasikan, pelajari tata cara manasik haji agar pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berharap calhaj agar melaksanakan ibadah haji dengan sungguh-sungguh dan mempersiapkan kesehatan lahir dengan baik. 

“Ibadah haji ini butuh mental dan fisik yang prima, jadi saya imbau kepada calhaj agar selalu menjaga kesehatan dan pikiran. Masih ada waktu sekitar 2 minggu, persiapkan sedini mungkin seperti barang-barang dan yang lebih penting kesehatan,” kata Herdiat saat menghadiri kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Ciamis, Selasa (25/6/2019) lalu. 

Diakuinya, pemerintah Kabupaten Ciamis mempunyai kewajiban untuk pengamanan calon jemaah haji, dari mulai pemberangkatan menuju embarkasi haji, sampai pengembalian calon jemaah haji ke tanah air, itu semua dilakukan agar calon jemaah haji asal Ciamis bisa khusyuk atau serius menjalani ibadah haji. 

“Saya titipkan sekali lagi, jaga selalu kesehatan dan keselamatan nanti di Madinah dan Mekkah, agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan. Kami selalu doakan semoga menjadi haji yang mabrur,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)