2 Kampung KB Kota Banjar Masuk Nominasi Lomba Tingkat Provinsi Jabar

Kampung KB
Walikota Banjar saat memberikan sambutan di Kampung KB Girimukti, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Tim verifikasi Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan ke Dusun Girimukti, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Kamis (27/6/2019).

Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih, mengatakan, Kampung KB merupakan suatu wadah bagi masyarakat yang komitmen untuk mengikuti berbagai program KB. Ia mengharapkan, para kader tidak hanya fokus pada KB saja, akan tetapi harus merambah ke sektor lain, seperti peningkatan pendidikan, ketahanan keluarga, pencegahan nikah dini, KDRT hingga pencegahan Narkoba.

“Jangan sampai semangatnya untuk mengubah keadaan turun. Sebab, melalui program ini bonus demografi bisa ditekan, kesejahteraan masyarakat bsia meningkat serta mencegah kekerasan dalam rumah tangga,” ujarnya.

Sementara itu, Herman Melani, Ketua Tim Verifikasi Provinsi Jabar, mengatakan, ada dua Kampung KB yang diusulkan dari Kota Banjar, yakni Kampung KB Girimurti Desa Sukamukti dan Kampung KB Raharja Kecamatan Purwaharja. 

Dalam penilaian lomba tersebut, kata Herman, ada tiga kriteria penilaian dalam agenda verifikasi ini, di antaranya profil data, pendaftaran secara online, dan rechecking ke lapangan. 

“Rechecking ini dimaksudkan untuk melihat data yang masuk benar- benar sesuai fakta yang ada di lapangan. Rechecking juga merupakan penilaian yang bobotnya paling tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Herman menambahkan, penilaian juga melihat delapan aspek fungsi keluarga yang sudah dijalankan, di antaranya mencegah kekerasan anak, KDRT, anak putus sekolah, dan aspek yang lainya.

“Kami berharap semoga penerapan Kampung KB bukan hanya saat ada penilaian saja, tapi diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)