5 Trik Liburan Hemat, Tetap Fun Tanpa Bikin Kantong Bolong

5 Trik Liburan Hemat, Tetap Fun Tanpa Bikin Kantong Bolong
Foto : Ilustrasi Liburan (sumber:@vitalysacred)

Gaya Hidup,- Sejak beberapa bulan lalu, harga tiket pesawat melambung tinggi. Kenaikan yang cukup signifikan ini membuat banyak traveller berpikir ulang untuk melanjutkan rencana liburan mereka karena masalah budget. Biaya yang sebelumnya bisa digunakan untuk makan dan penginapan, sekarang hanya cukup untuk biaya transportasi dan sedikit keperluan lain.

Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan mudah, karena jika tujuan liburan kamu tidak terlampau jauh atau ke luar negeri, biaya transportasi masih bisa ditekan. Ada 5 trik liburan hemat lain yang bisa kamu lakukan agar rencana travelling tetap terlaksana.

1. Naik Bus atau Travel

Trik pertama tentu memilih alternatif transportasi massal yang lebih murah daripada pesawat. Ada banyak tersedia tiket Bus dan Travel promo yang bisa kamu manfaatkan untuk berangkat ke kota tujuan. Pun pembeliannya juga sudah bisa dilakukan secara online seperti tiket pesawat atau kereta api.

Agar lebih murah, cek apakah tersedia promo untuk tanggal keberangkatan kamu nanti. Kalau ada tambahan diskon, manfaatkan sebaik mungkin.

2. Pilih Penginapan Murah

Budget lain yang menyedot isi dompet ketika liburan adalah penginapan. Pertimbangkan pilihan penginapan sesuai dengan jumlah orang yang akan berangkat liburan. Kalau kamu sendirian, tidak ada salahnya memilih menginap di dormitory yang harganya super hemat. Jika berangkat dengan rombongan, menyewa apartemen atau villa dan biayanya dibagi bersama jauh lebih murah daripada menyewa kamar hotel.

3. Makan Nggak Harus Fancy

Budget berikutnya yang tak kalah besar adalah soal makanan. Memang sih, tempat makan yang fancy bisa banget buat dipajang di media sosial dan tampak keren. Tetapi sebaiknya jangan terlalu sering makan di tempat cantik seperti ini karena akan menyedot budget sangat besar. Sesekali saja makan di tempat fancy, dan selebihnya coba jelajahi tempat makan legendaris di kota tujuan yang rasanya tak akan kamu temui di kota asal. Selain lebih hemat, kamu juga dapat lebih banyak pengalaman dan cerita dengan memilih makanan lokal.

4. Pilih Destinasi Tanpa Tiket Masuk

Internet memberikan banyak kemudahan untuk traveller yang buta arah karena baru pertama kali ke suatu kota. Manfaatkan kemudahan ini untuk survei lokasi liburan secara online. Mana-mana saja tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan berapa lokasi yang bisa dimasuki tanpa menggunakan tiket. Perhatikan juga berapa ongkos transportasi dari penginapan menuju tujuan wisata yang diinginkan.

Dengan survei ini, kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk sekali perjalanan ke satu tujuan. Akan lebih hemat jika penginapan kamu berada di tengah-tengah semua lokasi wisata dan pilihanmu jatuh ke tempat yang tak menarik tiket masuk.

5. Perbanyak Jalan Kaki

Selain sehat, memperbanyak jalan kaki selama liburan juga akan membuat budget kamu aman. Tak selalu harus naik kendaraan bermotor untuk menuju tempat-tempat wisata yang diinginkan. Jika jaraknya kurang dari 2 kilometer dari penginapan, mengapa tak mencoba petualangan baru dengan menelusuri rute dengan berjalan kaki. Kalau lelah, kamu bisa istirahat di tepi jalan dan menikmati pengalaman seru yang pastinya tak akan terlupakan. Tubuh pun akan lebih sehat karena dipakai buat bergerak secara aktif.

Nah, ada banyak cara untuk tetap menikmati liburan dengan budget minim bukan? Happy holiday! (Deni/R4/HR-Online)